Impresi All New Suzuki Ertiga Hybrid

Impresi All New Suzuki Ertiga Hybrid Foto: Benny - KabarOto

KabarOto.com - Akhirnya kendaraan Multi Purpose Vehicle (MPV) dari Suzuki dengan teknologi Smart Hybrid diperkenalkan hari ini (10/06), All New Ertiga Hybrid hadir sebagai pelengkap kendaraan Suzuki yang menggendong teknologi Smart Hybrid.

Suzuki Smart Hybrid adalah sistem hybrid ringan dari Suzuki, sepertinya bakal menjadi andalan mobil yang diniagakan PT Suzuki Indomobil Sales (SIS). Teknologi hybrid ini dinilai ringan, kompak dan mampu menambah tenaga, khususnya saat berakselerasi. Pada IIMS Hybrid 2022 kemarin, PT SIS memperkenalkan Suzuki Smart Hybrid berikut dipajang juga purwarupa yang menggendong teknologi tersebut.

Kinerja sistem hybrid mobil Ertiga ini menggabungkan Integrated Starter Generator (ISG) dan baterai lithium-ion 6Ah 12V. Teknologi ini sudah diterapkan pada kendaraan Suzuki di India dan Singapura, sehingga besar kemungkinan Smart Hybrid ini bakal menjadi tulang punggung teknologi modern Suzuki menuju masa depan yang lebih efisien, bersih dan hijau.

Tipe paling atas dilengkapi body kit Suzuki Sport

Baca juga: Ini Cara Kerja Smart Hybrid Di Mobil Baru Suzuki Mendatang

Sebelum peluncuran All New Suzuki Ertiga Hybrid pada hari ini, KabarOto mendapatkan kesempatan untuk mencoba langsung kendaraan MPV tersebut di lintasan khusus PT Suzuki Indomobil Motor Cikarang Plant untuk mengetahui impresi dari kendaraan dengan teknologi Smart Hybrid tersebut.

Dilihat dari tampilan eksteriornya, kebetulan KabarOto kebagian menggunakan All New Ertiga Hybrid SS dengan transmisi otomatis. Dari segi tampilan, MPV ini mengalami ubahan pada gril dengan aksen yang lebih segar, pelek dua dual-tone, berbahan alloy dan di belakang terdapat krom pada pada pintu bagasi. Kemudian dilengkapi dengan body kit Suzuki Sport, membuat tampilan kendaraan lebih sporty.

Interior dilengkapi dengan aksen karbon di dasbor dan panel pintunya, sementara pengoperasian pendingin ruangan (AC) menggunakan model putar untuk temperatur dan keceptan fan, sedangkan untuk menyalakannya menggunakan model digital. Pada bagian stir dilengkapi tombol audio dan tombol MID.

Menariknya pada mobil ini sudah dilengkapi dengan cruise control, fitur yang biasa terdapat pada kendaraan-kendaraan premium. KabarOto mencobanya di lintasan lurus, kecepatan 70 kpj di set dan kendaraan meluncur dengan kecepatan tersebut, ketika kita menekan pedal rem maka otomatis fitur cruise control pun tidak aktif lagi.

Karena ini kendaraan hybrid yang dilengkapi baterai lithium. Penempatan baterai di bawah jok penumpang depan yang dibungkus plastik sebagai pelindung baterai.

Total terdapat 17 perubahan yang ada di All New Ertiga Hybrid untuk memberikan pengalaman berkendara yang nyaman di setiap perjalanan keluarga Indonesia.

Baterai tersimpan di bawah jok penumpang depan

Baca juga: Suzuki Ertiga Hybrid Segera Diluncurkan, Intip Dulu Teknologinya

All New Ertiga Hybrid dilengkapi teknologi Suzuki Smart Hybrid, mengandalkan 2 komponen utama sebagai pendamping mesin pembakaran internal, yaitu ISG (Integrated Starter Generator) dan Lithium-Ion Battery.

ISG memiliki fungsi motorik juga. Saat mobil mulai bergerak dari posisi diam dan menambah kecepatan, ISG menggunakan fungsi Torque Assist untuk menambah tenaga mesin selama fase awal akselerasi ini. Dalam hal ini, energi yang disimpan dalam sistem baterai ganda digunakan oleh fungsi 'motor' ISG untuk menambah tenaga mesin selama akselerasi. Akibatnya, beban pada mesin berkurang saat mobil menambah kecepatan. Hasilnya, Anda mendapatkan pickup yang lebih baik sekaligus mengurangi beban pada mesin.

Ditambahkan fungsi Idle Stop Start yang tersedia di mobil Suzuki Smart Hybrid. Di mana ketika mobil dalam keadaan diam saat berhenti, mesin akan mati. Setelah melepas pedal rem, mesin akan menyala kembali. Namun ketika mesin mati, AC tetap beroperasi sehingga ruangan kabin tetap dingin. Namun jika kondisi panas terik di luar ruang kabin, otomatis mesin akan menyala supaya kinerja AC lebih optimal.

Kemudian ada Hill Hold Control, membantu ketika mengemudi kendaraan ini di jalan menanjak agar tidak meluncur mundur ke belakang. Ini dicoba saat melintasi jalur menanjak, mobil diam kemudian ketika pedal gas di injak langsung meluncur perlahan ke depan.

Pihak Suzuki mengklaim, penggunaan teknologi Suzuki Smart Hybrid dan beragam fitur canggih, membuat All New Ertiga Hybrid memiliki berbagai kelebihan, seperti penggunaan bahan bakar yang lebih irit, biaya operasional yang lebih terjangkau, pengalaman berkendara yang lebih nyaman saat berada di kondisi jalanan yang macet, dan lebih ramah lingkungan karena dapat menekan emisi gas buang.

Kinerja mesin 4 silinder DOHC digabungkan dengan Integrated Starter Generator (ISG) dan baterai lithium-ion 6Ah 12V.

Baca juga: Prediksi Harga Suzuki Ertiga Hybrid Versi Indonesia

Pihak Suzuki menambahkan sebutan konsep AMIN, yaitu Aman, Mewah, Irit dan Nyaman.

"Sejumlah fitur dan kelebihan baru dihadirkan dengan tujuan peningkatan efisiensi konsumsi bahan bakar, kenyamanan dan lebih ramah lingkungan," ujar Joshi Prasetya selaku Strategic Planning Dept Head PT SIS, saat KabarOto temui dilokasi.

Bagian mesin tidak mengalami pembaruan, hanya improvement dibeberapa bagian untuk meningkatkan performa serta penyesuaian dengan sistem Smart Hybrid yang digunakan. Saat akselerasi begitu terasa ringan seperti ada tambahan tenaga, begitu masuk putaran mesin 2.000 maka raungan mesin pun terdengar. Artinya mesin bekerja tanpa bantuan sistem Smart Hybrid.

Jadi yang lebih disoroti soal All New Ertiga Hybrid ini, bukan soal konsumsi bahan bakar yang irit. Melainkan lebih pada performa mesin meningkat saat berakselerasi dan meminimalisir penggunaan bahan bakar saat kondisi jalan macet atau berhenti di lampu merah.

Handling tetap baik, kinerja suspensi Ertiga cukup mumpuni untuk menikung tajam. Ruangan kabin tidak terlalu terinduksi dari suara raungan mesin ketika berakselerasi. Secara keseluruhan mobil ini cukup baik, "Karena ini adalah jenis kendaraan yang dibutuhkan, sehingga teknologi Smart Hybrid ini cocok kebutuhan konsumen sehari-hari untuk beraktivitas," tambah Joshi Prasetya.

Ia juga menyebutkan jika alasan tidak menggunakan sistem Hybrid seperti kendaraan lain saat ini, karena tidak ingin menjadikan beban kendaraan ini di masyarakat jadi lebih tinggi. Khususnya harga yang tetap menjadi perhatian pihak Suzuki, itulah mengapa untuk varian teratas saja yang menggendong sistem Smart Hybrid dibanderol Rp 292,3 juta.

Harga OTR JABODETABEK

  • All New Ertiga Hybrid SS-AT Rp 292.300.000

  • All New Ertiga Hybrid SS-MT Rp 281.300.000

  • All New Ertiga Hybrid GX-AT Rp 281.300.000

  • All New Ertiga Hybrid GX-MT Rp 270.300.000

Spesifikasi

  • Dimensi Kendaraan: Panjang 4.395 mm, lebar 1.735 mm, Tinggi 1.690 mm

  • Sumbu Roda: 2.740

  • Radius Putar: 5,2 mm

  • Mesin: (K15B + ISG + Lithium-ion) 4 silinder DOHC 16 katup

  • Kapasitas: 1.462 mm

  • Transmisi: Otomatis 4 percepatan

  • Tenaga: 103 dk @ 6.000 rpm

  • Torsi: 138 Nm @ 4.400 rpm

  • Suspensi: Macpherson Strut with Coil Spring (depan), Torsion beam with Coil spring 9Belakang)

  • Rem: ABS, Cakram Ventilasi (depan), tromol (belakang)

  • Ban: 185/65 R15