Profil – Renault Koleos 2.5 L Signature

Profil – Renault Koleos 2.5 L Signature

KabarOto.com – Pasar Medium SUV memang sedang ramai peminatnya di Indonesia. Model yang gagah, ruang kabin lega, bagasi besar, serta bodi tinggi jadi pertimbangan banyak keluarga baru untuk menjadikan kelas ini sebagai mobil sehari-hari.

Perang Medium SUV di Indonesia juga diikuti dari berbagai merek, mulai dari Honda CR-V, Mazda CX-5, Nissan X-Trail, dan sebagainya. Nah kali ini, ada merek asal Prancis yang turut memeriahkan kelas ini yakni Renault dengan Koleos-nya.

Eksterior

Koleos yang KabarOto ulas kali ini adalah versi tertinggi yaitu Signature. Dari desainnya, Koleos ini membawa sedikit penyegaran ketimbang rival-rivalnya, seperti penggunaan model LED DRL besar sampai ke bagian bumper menyerupai huruf “C” yang sangat cantik saat menyala, lampu utama juga sudah mengusung LED Projektor headlamp yang disebut LED Pure Vision oleh Renault. Sementara lampu LED seinnya berada pada bagian bawah DRL yang ada di bumper.

Lalu ada gril besar berwarna hitam dengan 4 buah garnis krom horizontal, ditambah logo Renault besar dibagian tengahnya. Untuk bagian bumper, Koleos sudah dilengkapi foglamp dengan garnis krom pada covernya, adapula sensor parkir 4 titik, dan underguard bawah berwana silver yang mempergagah tampilannya dari depan.

Baca juga : Profil - Renault Twizy

Desain bagian samping mobil memiliki tarikan garis tegas, bisa kita lihat pada bodi samping Koleos. Mulai dari model fendernya yang cukup besar, lengkap dengan garnis krom yang menyatu ke dummy lubang udara di samping. Lalu sidebody moulding dengan garnis krom, memang banyak sekali aksen krom pada mobil ini seperti handle pintu, list jendela, hingga diffuser belakang, namun penggunaan krom tidak terasa terlalu ramai dan malah terkesan manis pada Koleos ini.

Untuk bagian kaki-kaki. Koleos menggunakan pelek model palang 5 dengan finishing dual-tone berukuran 18 inci, berbalut ban Nexen N priz 225/60 R16, serta penggunaan rem sudah cakram depan dan belakang. Ground clearance juga cukup tinggi dengan 210 mm, dan wheelbase 2705 mm.

Melihat sisi belakang, kita akan disambut dengan lampu rem LED yang desainnya sangat cantik. Memiliki desain memanjang dan mengelilingi lampu mundur dan seinnya, membuat tampilan Koleos ini jadi unik dikelasnya. Lalu pada bagian tengah terpampang logo Renault besar dan nama “KOLEOS” yang terkesan gagah. Lengkapnya lagi, bagian bumper terdapat reflector, dan finishing dual muffer yang bersembunyi dibalik diffuser dengan garnis kromnya. Sisanya, ruang bagasi mobil ini cukup luar dengan 458 liter dan juga sudah bisa terbuka dengan sensor kaki, dan penutupan melalui tombol otomatis.

Mesin

Jantung pacu Koleos dipersenjatai mesin 4 silinder DOHC QR25DE berkapasitas 2.500 cc, yang sama persis dengan Nissan X-Trail T32. Memiliki output tenaga maksimal 170 dk, dan torsi maksimal 233 Nm, yang disalurkan oleh transmisi X-Tronic CVT ke roda depan. Oh iya, salah satu kelebihan Koleos ini adalah pembukaan kap mesin sudah hidrolik loh, dan wiper juga sudah mengusung model hybrid.

Interior

Masuk kedalam kabin, kesan mewah sudah menyambut saat kita membuka pintu,mulai dari warning light pada pintu berwarna merah yang berguna untuk penanda pengendara lain jika pintu terbuka. Lalu terdapat sill plate Koleos, serta penggunaan material kulit berwarna coklat dan panel interior soft touch berwarna hitam membuat mobil ini terkesan elegan dari dalam.

Desain dasbornya, tedapat garnis krom pada kisi-kisi AC, lalu panel hitam glossy di sisi depan bagian penumpang. Asiknya lagi, kita juga mendapatkan head unit 8,7 inci yang cukup besar yang sudah terintegrasi dengan navigasi satelit, namun dengan pengaturan AC Auto climate terpisah. Kita juga bisa memilih beberapa warna instrument cluster loh sesuai dengan keinginan.

Baca juga : Profil - All New Suzuki Ertiga Suzuki Sport

Fitur lainnya juga tidak kalah memanjakan pengemudi dan penumpang, seperti penggunaan jok elektrik, roda kemudi yang sudah bisa tilt steering dan telescopic, audio steering switch, cruise control, electronic parking brake, speedometer digital, dan 12 speaker garapan Bose yang siap memanjakan telinga. Lengkapnya lagi, kita akan mendapat panoramic roof yang sangat besar pada tipe Signature, penggunaan atap kaca seperti ini juga memberi kesan mewah dan kabin yang luas saat di dalam mobil.

Sisi kepraktisannya, mobil ini memiliki cukup banyak ruang penyimpanan, seperti door pocket, konsol tengah yang cukup dalam, lalu ditambah tempat penyimpanan tertutup yang cukup untuk menaruh 2 buah botol lagi.

Dari row keduanya, terdapat panel AC pada bagian tengah, terdapat juga port USB 2 buah, dan slot 12 volt. Jok row kedua juga memiliki arm rest dan cup holder yang bisa dilihat pada bagian tengah jok, leg room juga sangat lega dari posisi duduk penumpang depan (170 cm).

Untuk sistem keamanannya, Koleos juga sudah cukup mumpuni loh, dengan 6 buah titik airbag, rem ABS, ESP, EBD, Hill Start Assist, Traction Control, Vehicle Dynamic Control, ISOFIX Child Seat Anchor di kursi belakang, sudah jadi standar keamanan mobil ini.

Soal harganya, Renault membanderol Koleos dengan harga Rp 543 juta, dan mobil ini akan hadir dalam 4 pilihan warna yaitu Meissen Blue, Univesal White, Black Metallic, dan Grey Metallic.