POPULAR STORIES

Profil - Renault Twizy

Profil - Renault Twizy

KabarOto.com – Renault memiliki mobil yang cukup unik, yakni Renault Twizy. Mobil mungil yang hanya muat untuk 1 orang ini memang sangat lucu ketika kita lihat di jalan. Bahkan ukurannya jauh lebih kecil ketimbang bajaj sekalipun.

Desain eksterior dari Twizy ini memang terlihat sangat futuristik, walau masih menggunakan fitur sederhana. Contohnya pada penggunaan lampu utama masih menggunakan halogen biasa, yang menyatu dengan gril hitam glossy-nya lengkap logo Renault di tengah.

Lalu sedikit ke bagian bawahnya, terdapat lampu sein menyatu pada bagian bumper, yang berfungsi sebagai tempat air wiper dan kabel charger.

Baca juga: Canggih! Head Unit Dari Kramat Motor Ini, Bikin Mobil Kamu Bergaya Ala Tesla

Untuk kabel charger-nya sendiri cukup universal dengan stop kontak yang ada di Indonesia. Sementara waktu pengisiannya juga termasuk fast charging, sebab dari daya habis hingga penuh, hanya butuh sekitar 3,5 jam.

Baca juga : Profil - Nissan X-Trail

Bergeser ke samping, yang unik adalah Twizy ini menggunakan pintu model pembukaan ke atas layaknya Lamborghini. Namun pintu ini opsional penambahan, karena jika membeli Twizy ini anda belum mendapatkan pintu dalam paket pembelian, dan perlu diingat juga bahwa mobil ini tidak memiliki jendala yah.

Untuk peleknya berukuran 13 inci dengan dop putih, berbalut ban yang tidak kalah unik, yaitu Continental Conti.eContact berukuran belang 125/80R13 depan, dan 145/80R13 belakang.

Bagian belakang lebih didominasi oleh lampu rem sekaligus lampu mundur berbentuk kapsul yang ada di tengah pintu bagasinya, serta terdapat logo Renault besar pada bagian bawah lampu rem.

Asyiknya, untuk sebuah mobil kecil, bagasinya dirasa cukup lega untuk membawa barang belanjaan saat ke supermarket. Sementara lampu seinnya senada dengan bagian depan, dibuat agak terpisah pada bumpernya. Oh iya, mobil ini juga sudah mempunyai sensor parkir loh, yang dinamai parking master oleh Renault.

Masuk ke kabin yang hanya muat 1 penumpang ini, menggunakan warna dominasi warna hitam, dan bahan plastik keras mulai dari dasbor, panel pintu, hingga plafon. Namun, penggunaan plastik ini juga bermanfaat untuk meringankan bobotnya yang kecil agar tidak boros daya motor listriknya.

Saat duduk dalam Twizy, kursinya cukup empuk dan modelnya mirip kursi balap, lalu terdapat lubang kecil pada bagian duduk jok yang berguna untuk membuang air saat terkena hujan. Dilengkapi lagi dengan seatbelt 3 titik dan pengaturan sliding, namun belum reclining.

Baca juga : Tim Renault Tengah Mengembangkan Sasis Barunya

Tampak pada dasbornya, terdapat ruang penyimpanan tertutup cover motif karbon pada kanan dan kirinya. Lalu pada setirnya, tidak ada tombol apapun bahkan klakson. Serta ada panel instrument kecil yang bisa menunjukkan kecepatan, sisa baterai, posisi gigi, odometer, keterangan service, serta penunjuk rem tangan.

Renault Twizy ini bertransmisi otomatis, hanya terdapat 2 pedal di kakinya, dan juga untuk pengaturan maju atau mundur kita hanya perlu pencet tombol yang ada di sebelah kiri dasbor. D untuk maju, R untuk mundur, sementara jika ingin netral kalian hanya perlu menekan kedua tombol di tengahnya.

Soal dapur pacunya, aslinya Twizy memiliki 2 pilihan yaitu Twizy 45 dan 80. Untuk Twizy 45 hanya memiliki tenaga 5 dk dan kecepatan maksimum 45 kpj. Sementara untuk Twizzy 80, mesinnya menggunakan MBL7e, 1 percepatan otomatis yang disalurkan ke roda belakang, dengan tenaga 17 dk dan torsi maksimum 57 Nm.

Sayangnya, Renault Twizy ini belum masuk dan dijual resmi oleh Renault Indonesia, mungkin terkendala juga oleh peraturan mobil listrik yang belum jelas di Indonesia. Tetapi menarik menunggu kehadiran mobil mungil ini di jalan.

Baca juga: Ini Foto Detail A90 2JZ Milik Daigo Saito

POPULAR STORIES

HOT