Profil - Renault Triber Hadir Dengan Segudang Fitur Unggulan

Profil - Renault Triber Hadir dengan Segudang Fitur Unggulan Renaul Triber. (Foto: Bimo/KO)

KabarOto.com - Selama GIIAS 2019 ini, Renault membawa mobil terbarunya yaitu Triber. Mobil ini sontak menarik perhatian pengunjung yang penasaran dengan dengan bentuk dan modelnya. Renault Triber diprediksi bakal bersaing dengan Daihatsu Sigra, Toyota Calya dan Datsun Go Panca. KabarOto kali ini akan mengulas sedikit tentang mobil asal Prancis ini.

Baca Juga: Renault Meriahkan GIIAS 2019 Dengan Konsep Booth Yang Unik

Renault Triber dibekali desain yang cukup modern, lampu depan sangat agresif menyipit, dengan gril depan yang memiliki desain triple edge dilapisi krom. Semua lampu dibekali LED sistem. Desain samping lebih simple, tidak terlalu banyak lekukan. Sementara itu, di belakangnya terdapat stop lamp yang dibuat dengan bahasa desain yang mengikuti headlamp. Stop lamp ini memberi cahaya cukup terang.

Seperti juga kompetitornya, Triber menawarkan ruang kabin yang luas, dengan konfigurasi tiga baris yang dapat menampung hingga 7 penumpang. Namun sepertinya masih terlalu sempit untuk tujuh orang dewasa. Renault sudah membalut Triber ini dengan jok kulit yang terlihat mewah.

Pada baris ke dua sangat fleksibel, bisa dilipat, dan dijadikan empat mode konfigurasi. Bisa untuk 5 penumpang, 4 penumpang dan 7 penumpang, bahkan 2 penumpang pun bisa untuk membawa barang-barang. Sementara baris ketiga jika dilipat perkiraannya bisa memuat hingga 635 liter.

Hanya saja, material plastik dasbor masih terlihat kurang berkualitas dan kain fabric pembungkusnya juga mudah bergeser.

Dasbor diberi aksen abu-abu dengan sistem hiburan layar sentuh ukuran 8 inci. Di sini, Triber lebih unggul dari kompetitornya. Layar sentuh 8 inci ini sudah terdapat fitur Apple CarPlay dan Android Auto.

Panjang bodi 3.990 mm

Renault Triber memiliki panjang bodi 3.990 mm, dengan lebar 1.739 mm, serta tinggi mencapai 1.643 mm dengan bobot 947 Kg dan jarak sumbu roda mencapai 2.636 mm. Sementara itu, ground clearance Triber 182 m sehingga tidak terlalu tinggi dan tidak pula rendah, pas untuk mobil keluarga.

Untuk menjaga keseimbangan, Triber disematkan suspensi McPherson Strut pada bagian depan dan Torsion Beam untuk bagian belakang yang mampu memberikan kenyamanan penumpangnya saat melintasi segala kondisi jalan.

Ban berukuran 185/65 pelek 15 inci pada bagian depan dan ban berukuran 165/80 dengan pelek 14 inci di bagian belakang memberikan kestabilan selama perjalanan. Mobil ini juga sudah dibekali rem ABS yang memberikan keselamatan pada penumpangnya saat melakukan pengereman dan mencegah terjadinya ban selip.

Ban berukuran 185/65 pelek 15 inci pada bagian depan

Renault Triber menggendong mesin bensin 3 silinder, berkapasitas 1 liter atau 999 cc. Dengan opsi sistem transmisi manual 5 percepatan atau tipe otomatis 5 percepatan. Namun varian bertransmisi otomatis untuk sementara belum tersedia.

Mesin tersebut dapat menghasilkan tenaga hingga 70,2 dk di putaran 6.250 rpm dan dengan torsi maksimal 96 Nm di 3.500 rpm. Dengan mesin tersebut, tentunya akan membawa kenyamanan berkendara.

Baca Juga: Hampir Launching Setiap Hari, Ini Kegiatan Renault Di GIIAS 2019

Namun meski banyak yang tertarik dengan mobil ini, Renault Indonesia belum mengumumkan harganya. Namun menurut salah satu tenaga penjual di booth Renault, GIIAS 2019 Renault Triber MT dijual dengan harga Rp 150.000.000 dan AT Rp 155.000.000 (Off The Road).

Spesifikasi Renault Triber

DIMENSI
Panjang
3.990 mm
Lebar 1.739 mm
Tinggi 1.643 mm
Wheelbase 2.636 mm
Berat 947 kg
Kapasitas Tangki 40 Liter
Ground Clearance 182 mm
MESIN
Tipe Mesin 3 Silinder 4 Katup Per Silinder
Kapasitas Mesin 999 cc
Tenaga 71 bhp @ 6250 rpm
Torsi 96 Nm @ 3500rpm
Transmisi Manual 5-Percepatan / AMT 5-Percepatan
Sistem Kemudi Power Steering
Konsumsi BBM 20 km/liter
KAKI-KAKI
Velg Alloy Wheel
Suspensi Depan McPherson Strut
Suspensi Belakang Torsion Beam
PENGEREMAN
Rem Depan Cakram
Rem Belakang Tromol
Sistem Pengereman ABS