POPULAR STORIES

Profil Suzuki Jimny 5-Door, Kabin Belakang Lega Jadi Nilai Lebih

Profil Suzuki Jimny 5-Door, Kabin Belakang Lega jadi Nilai Lebih Foto: KabarOto

KabarOto.com - Akhirnya Suzuki Jimny 5-Door diperkenalkan, memang tidak ada banyak perbedaan dengan versi 3 pintunya. Hanya saja untuk yang 5 pintu ini, punya daya angkut lebih leluasa untuk baris keduanya.

Seperti yang diketahui, bahwa kendaraan jenis Sport Utility Vehicle (SUV) saat ini tengah menjadi tren dan populer di beberapa negara. PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) melalui merek Suzuki Jimny, sudah pernah menghadirkan SUV tersebut versi 5 pintu, namun dulu menyebutnya versi long chasis.

Kini Suzuki Jimny 5-Door jadi sebuah kejutan untuk penggemar kendaraan SUV ikonik tersebut, kehadirannya di IIMS 2024 menjadi bukti keseriusan PT SIS untuk menghadirkan mobil ikonik 5 pintu tersebut dipasar lokal. Hadir untuk pasar Indonesia dengan pilihan warna metallic sizzling red-pearl bluish black, kinetic yellow-pearl bluish black, metallic chiffon ivory-pearl bluish black, granite gray mettallic, pearl bluish black dan jungle green.

Baca juga: PT SIS Klaim Stok Suzuki Jimny 5 Pintu Aman Untuk Konsumen Di Indonesia

Suzuki Jimny 5-Door punya panjang 3.965 mm, lebar 1.645 mm, tinggi 1.720 mm, sumbu roda 2.590 mm dan jarak pijaknya sekitar 210 mm. Dengan lebih panjangnya tersebut, Jimny 5-Door memiliki akomodasi ruang yang lebih besar untuk menunjang aktivitas harian dan bepergian jarak jauh.

Dengan adanya pintu kedua untuk akses kabin tengah, membuat kepraktisan dan aksesibilitas yang bagus untuk SUV ikonik tersebut. Nah, inilah yang dilihat oleh PT SIS untuk menjadi peluang pasar yang baik, karena kepaktisan, akomodasi dan aksesibilitas menjadi andalan mobil keluarga di Indonesia saat ini.

Apalagi ada tambahan ruang angkut, di mana bagasi SUV ini bisa menampung 3 hingga 4 koper ukuran sedang sebagai gambarannya. Sedikit ada ruang tambahan, jika kursi baris keduanya dilipat, dengan kapasitas tangki bahan bakarnya mencapai 40 liter.

SUV 5 pintu ini memiliki banderol mulai dari Rp 462 juta hingga Rp 478 jutaan, sudah dilengkapi fitur Hill Descent Control (HDC), Hill Hold Assist (HHA), rem ABS serta 6 airbags sebagai fungsi keselamatan. Suspensi depan dan belakangnya menggunakan model 3-link rigid axle dengan pegas ulir, sementara rem depannya mengandalkan cakram ventilasi dan tromol di belakang.

Kemudian untuk interior, mayoritas didominasi dengan warna gelap dengan jok yang terbungkus dengan bahan fabric. Head unit menggunakan model multimedia dengan teknologi touch screen, smartphone connection dan memiliki layar 9 inci.

Baca juga: Pemesanan Suzuki Jimny 5 Pintu Diklaim Tembus 1.000 Unit

Memudahkan parkir kendaraan, dengan rear view camera yang bisa memantau bagian belakang kendaraan saat parkir, serta 4 spot sensor parkir yang tersedia di depan dan belakang kendaraan. Kemudian untuk peleknya menggunakan ukuran 15 inci dengan ban lansiran Bridgestone Dueler H/L 195/80R15.

Fitur pada rangka Jimny dimaksimalkan oleh struktur Ladder Frame yang dipilih Suzuki karena faktor kekuatan dan rigiditas dengan penambahan x-member dan 2 cross member di bagian sasis.

SUV ini memang tidak jauh berbeda tampilannya dengan Jimny 3-Door, dengan gril depan model krom saja yang membedakan tampilan depannya. Dan tentu saja tambahan pintu samping kiri-kanan untuk akses kursi baris kedua.

Mesin masih menggunakan yang sama pada Jimny 3-Door, yakni K15B dengan spesifikasi 4 silinder DOHC, 16 katup, Multipoint Injection, berkapasitas 1.462 cc. Sanggup menghasilkan tenaga maksimalnya sebesar 100 dk pada 6.000 rpm dan torsi maksimal 130 Nm pada 4.000 rpm. Mesin tersebut relatif cukup untuk digeber di bodi Jimny ini.

Memiliki pilihan transmisi manual 5 percepatan atau otomatis 4 percepatan, dilengkapi sistem AllGrip Pro 4WD Suzuki yang mampu mentrasfer tenaga secara manual dan girboks jarak rendah dengan mode 2H untuk jalanan aspal normal/perkotaan, 4H untuk jalanan off-road dan 4L penggunaan di jalan bebatuan, lumpur hingga medan berat.