POPULAR STORIES

Profil Toyota Yaris GR TGRI Andalan Haridarma Manoppo

Profil Toyota Yaris GR TGRI Andalan Haridarma Manoppo Yaris GR milik tim TGRI untuk berlaga di kelas ITCR Max (Foto: Kipli)

KabarOto.com - Haridarma Manoppo yang merupakan pembalap Toyota Gazoo Racing Indonesia (TGRI) tentu tak asing lagi di mata Sobat pecinta motorsport. Selain keahliannya memacu mobil balap di trek, tentunya prestasi yang diraihnya tak lepas dari performa apik Toyota Yaris GR Sport di ajang Nasional Indonesia Touring Car Race (ITCR) Max.

Toyota Yaris GR Sport ini sudah dimodifikasi oleh TGRI agar performanya bisa mumpuni di setiap perhelatan balap yang berlangsung di Sirkuit Sentul, Bogor, Jawa Barat.

Baca Juga: McLaren Jakarta Bisa Modifikasi Supercar Sesuai Keinginan

Fitra Dimitri selaku Direktur Toyota Gazoo Racing Indonesia mengatakan, bahwa hal tersebut tidak hanya dipengaruhi oleh performa mesin saja, ada faktor lain seperti suspensi dan piranti lain yang mumpuni untuk mengantarkan sang juara.

Jika melirik spesifikasinya, sektor mesin dari Toyota Yaris GR Sport tersebut memang relatif standar tanpa ubahan ekstrem. Meski demikian, ada beberapa modifikasi yang dilakukan tanpa melanggar regulasi.

Mobil berkelir khas TGRI ini pun masih menggunakan mesin berkode 2NR, layaknya dapur pacu yang digunakan pada mobil Yaris lainnya yang dijual oleh Toyota Astra Motor (TAM).

Baca Juga: Maxdecal Dan Epson Resmi Kolaborasi Untuk Industri Otomotif Dan Modifikasi

Penyempurnaan serta ubahan lain untuk sempurnakan performa mobil tersebut ada di sektor suspensi yang menggunakan merek Reiger. "Suspensi ini kita sudah pakai yang paling bagus dengan setelan yang disesuaikan. Tentunya menguras waktu dan biaya yang relatif ekstra untuk riset dan pengembangannya," ujarnya.

Layaknya mobil balap pada umumnya, kabin pun harus terondol demi mengurangi bobot dan membuang panel-panel yang tidak penting. Jok yang ada di baris depan dan belakang dilepas, digantikan dengan jok racing berlabel GR di bagian pengemudi lengkap dengan setir TRD. Adapun instalasi rollbar atau roll cage yang berfungsi untuk aspek keselamatan sang pembalap.