Promosikan Indonesia, IMI Gandeng Puluhan Bikers Touring Keliling ASEAN

Promosikan Indonesia, IMI Gandeng Puluhan Bikers Touring Keliling ASEAN

KabarOto.com - Ikatan Motor Indonesia (IMI) menggelar ajang touring sepeda motor dengan tema “1st Wonderful Indonesia Motorbike Touring 2019 (WIMT2019)” yang akan berlangsung dari tanggal 13 - 25 September 2019, dengan agenda turing wisata melintas 3 (tiga) negara, yaitu Malaysia, Thailand dan Laos.

Latar belakang acara turing ini diprakarsai oleh KBRI Vientiane-Laos, yang bermaksud ingin memperkenalkan budaya dan keindahan Indonesia kepada masyarakat Laos khususnya dan ASEAN pada umumnya.

“Kegiatan ini juga untuk sosialisasi fasilitas IMI berupa dokumen “FIA Carnet De Passages En Douane - CPD” yang bermanfaat bagi rekan-rekan komunitas otomotif yang hendak mepergunakan kendaraannya sendiri dari Tanah Air untuk melintasi negara-negara dikawasan ASEAN,” ujar Sekretaris Jenderal IMI Pusat, Jeffrey JP.

Menurut Joel Deksa Mastana, selaku Sekretaris Mobilitas IMI Pusat, para peserta yang berjumlah 26 unit sepeda motor dengan total rombongan 36 orang akan diajak ke acara “Desaru Bike Week 2019” yang akan berlangsung di Johor Bahru Malaysia pada tanggal 13-15 September 2019.

“Event Desaru Bike Week ini akan menjadi titik awal, sekaligus sebagai lokasi start/keberangkatan dari rangkaian turing antar negara yang akan diikuti oleh peserta WIMT2019 nanti,” tambah Joel.

“Selain itu, kami juga akan menggandeng dan mengajak sejumlah UKM dalam negeri untuk mempromosikan berbagai kerajinan maupun kebudayaan Indonesia di Desaru Bike Week, selanjutnya rombongan ini akan melanjutkan turing ke Thailand dan Laos membawa misi memperkenalkan Indonesia bertajuk ‘Wonderful of Indonesia,” tutup Joel.

Baca Juga: IMBI Lepas 19 Anggotanya Touring Pakai Royal Enfield Ke Himalaya, India

Secara resmi acara WIMT 2019 ini akan berakhir di KBRI Vientiane, Laos pada tanggal 22 September 2019, dan sebagian peserta akan pulang ke Tanah Air dari kota Bangkok, Thailand.

“Tetapi ada 10 sepeda motor dengan 12 orang peserta yang akan melanjutkan perjalanan turing sampai ke Hanoi, Vietnam,” ungkap M. Yunus selaku panitia Bidang Transportasi/Logistik.

Menurut Pratito Soeharyo, Duta Besar Republik Indonesia untuk Laos yang berkedudukan di KBRI Vientiane, bahwa acara turing ini diprakarsai dengan tujuan mempromosikan Indonesia yang seluas-luasnya agar dapat meningkatkan jumlah wisatawan dari luar negeri masuk ke Indonesia.

“Ini adalah event yang pertama kali digelar, namun demikian saya harapkan agar kedepannya, jumlah peserta yang ikut akan lebih banyak lagi. Selain itu, kerjasama dengan berbagai instansi terkait bisa ditingkatkan lebih baik lagi, apalagi kegiatan ini untuk mempromosikan Indonesia di luar negeri, dengan tujuan meningkatkan devisa negara,” tambah Tito, Dubes RI untuk Laos yang juga sebagai tuan rumah acara di KBRI Vientiane, Laos.