POPULAR STORIES

Pulang Mudik, Jangan Lewatkan Pengecekan Kendaraan

Pulang Mudik, Jangan Lewatkan Pengecekan Kendaraan Kipli

KabarOto.com - Sebelum melakukan perjalanan arus balik mudik Lebaran 2023, ada baiknya Sobat memastikan kesehatan diri dan keluarga hingga kendaraan yang digunakan.

Pastinya sebelum melakukan perjalanan pulang, Sobat harus mengecek kondisi mobil dengan memeriksa sistem kelistrikan, air radiator, kaki-kaki mobil, cairan rem hingga wiper. Benny Fajarai selaku Co-Founder dan CMO dari marketplace asuransi Lifepal mengungkapkan beberapa caranya.

Cek Sistem Kelistrikan Mobil

Komponen kelistrikan mobil penting dicek dan dirawat, lantaran kelistrikan berasal dari aki yang mampu mempengaruhi beragam performa komponen mobil yang lain, seperti lampu sampai starter.

Pelumas

Terdapat beberapa jenis oli atau pelumas dalam mobil, yaitu oli mesin, oli transmisi, oli rem, oli power steering, dan oli gardan. Agar mobil tetap nyaman dan terjaga performanya, oli mesin butuh diganti jika sudah menempuh jarak 5 ribu km.

Baca Juga: Pemudik Wajib Tahu, Ternyata Bunyi Decitan Ban Bisa Timbulkan Beberapa Masalah Serius

Oli transmisi pada mobil manual diganti jika telah menempuh jarak 10 ribu km, pada mobil matik diganti setiap kelipatan 20 ribu km. Sedangkan oli gardan diganti bersamaan dengan oli transmisi.

Periksa Kondisi Ban dan Kaki-Kaki mobil

Jika permukaannya sudah halus, ganti ban mobil Sobat dengan yang baru. Sebab, daya cengkraman ban mobil yang botak tidak maksimal, sehingga dapat membuat ban berpotensi slip di jalanan yang licin. Perhatikan tekanan anginnya normal atau tidak terlalu rendah dan tidak terlalu tinggi.

Tekanan angin ban mobil penting diperhatikan kondisinya karena dapat mempengaruhi tingkat kenyamanan saat berkendara, terutama saat melewati jalanan bergelombang, berlubang atau tidak rata.

Tak hanya ban saja, bagian kaki-kaki mobil juga penting diperhatikan lantaran merupakan komponen krusial, baik dari sisi kenyamanan maupun keselamatan berkendara.

Periksa Kondisi AC Mobil

Bagian pendingin udara atau Air Conditioner (AC) juga menjadi komponen lainnya, yang penting diperiksa sebelum melakukan perjalanan jauh dengan mobil pribadi.

Baca Juga: Teknologi Makin Canggih, Pemudik Bisa Dimanjakan Dengan 6 Fitur Ini Untuk Perjalanan Jauh

Proteksi Kendaraan dengan Asuransi

Tak kalah penting dilakukan sebelum menjalani perjalanan jauh dengan kendaraan pribadi adalah perlu dipersiapkan dengan matang. Untuk itu, cek kondisi dan performa mobil untuk memastikan keselamatan dan keamanan selama di perjalanan.

Untuk memberikan rasa tenang, Sobat bisa memberikan proteksi finansial pada kendaraan dengan asuransi mobil yang dapat menanggung biaya perbaikan akibat kerusakan.

Hati-hati di perjalanan pulang!