POPULAR STORIES

Teknologi Makin Canggih, Pemudik Bisa Dimanjakan Dengan 6 Fitur Ini Untuk Perjalanan Jauh

Teknologi Makin Canggih, Pemudik Bisa Dimanjakan dengan 6 Fitur Ini untuk Perjalanan Jauh Kipli

KabarOto.com - Tak hanya mental dan fisik, perlengkapan serta barang bawaan saat perjalanan jauh seperti mudik pun wajib diperhitungkan. Apalagi mobil produksi terbaru sudah dilengkapi fitur canggih sebagai penunjang. Jika digunakan dengan benar, dapat dipastikan perjalanan mudik Lebaran selalu aman dan nyaman. Seperti beberapa fitur ini.

GPS Mobile

GPS Mobile yang berfungsi memberikan informasi lokasi secara detail, disertai rute-rute lengkap dengan navigasi yang akurat ke lokasi tujuan.

Lane Keeping Assist

Lane Keep Assist yang punya arti dan fungsi untuk menjaga mobil melaju tetap pada lajurnya. Fitur ini bekerja dengan bantuan kamera yang terpasang dibalik kaca spion tengah, dan rata-rata aktif jika mobil sudah jalan selama 30 detik dan kecepatan antara 65 hingga 180 kpj.

Driver Attention Warning

Fitur safety untuk pengemudi agar kondisinya selalu prima ketika melakukan perjalanan jauh lainnya, bernama Driver Attention Warning, yang mayoritas ditandai dengan munculnya logo bergambar cangkir di layar spidometer serta bunyi alarm sebagai pengingat.

Baca Juga: Mengenal Fitur Sky-One Touch Power Roof Pada Jeep Wrangler Rubicon Terbaru

“Di (logo cangkir) tersembunyi karena tidak tampil di panel, namun akan memberi peringatan buat driver yang sudah mengemudi lebih dari 2 jam dengan kecepatan rata-rata 65 kpj. Hal tersebut sebagai patokan kalau kondisi fisik terutama reflek dan konsetrasi driver sudah mulai menurun,” terang Samsudin, selaku Aftersales Support Peugeot.

Fitur peringatan buat driver yang sudah mulai lelah pun terbilang unik. Pasalnya, pada panel dasbor digital akan muncul gambar cangkir kopi (Beberapa mobil bisa menunjukkan lokasi rest area terdekat). Jika diabaikan fitur ini akan memberikan peringatan lebih kontinyu hingga peringatan keras.

High Beam Assist

Saat berkendara malam hari dengan fitur ini diklaim tetap safety. Pasalnya banyak kendaraan dari lawan arah yang gunakan lampu dengan intensitas tinggi dan arah sorotnya tidak tepat.

Maka adanya fitur High Beam Assist ditujukan bukan hanya untuk pemilik fitur, tapi juga kendaraan dari lawan arah. Caranya menurunkan intensitas cahaya juga arah sorot mobil lebih ke bawah secara otomatis.

Automatic Wiping (SAW)

Adapun Sensor Automatic Wiping (SAW), Automatic Headlamp (AH), Electronic Stability Program (ESP), Advanced Grip Controle (AGC), Heated Windscreen serta Rear Screen Demist/Defrost Control.

“Untuk Automatic Wiping dan Automatic Headlamp, pengemudi cukup mengatur posisi saklar pada tuas yang ada di balik setir. Pastikan diputar ke posisi otomatis saat mesin mobil sudah dinyalakan. Begitupun ESP dan AGC yang saklarnya ada di kkpit, ketika mobil akan melitas trek berlumpur atau bersalju,” imbuh Samsudin.

Baca Juga: Begini Teknologi Fitur Dan Mesin Yamaha Grand Filano Hybrid-Connected Yang Dibanderol Rp27 Jutaan

Fungsi SAW yaitu mengaktifkan tuas wiper secara otomatis, terutama disaat mobil terkena rintikan air hujan. Dengan fitur ini pengemudi tidak perlu lagi mengatur kecepatan wiper bila curah hujan semakin deras. Pun begitu dengan fitur Automatic Headlamp sebagai pengatur intensitas cahaya disekitar biasanya ikut berkurang ketika kondisi mendung.

Electronic Stability Program

Fitur Electronic Stability Program (ESP) juga Advanced Grip Control (AGC), fungsinya untuk menjaga kestabilan kendaraan dari under/over steer. Sedang Advanced Grip Control merupakan optimisasi dari traction control dengan 5 pilihan Grip Level yaitu level Normal, Snow, Mud, Sand dan ESP OFF.