POPULAR STORIES

Pulang Mudik Periksa Kaki-Kaki Mobil Agar Tetap Aman

Pulang Mudik Periksa Kaki-Kaki Mobil Agar Tetap Aman Kaki-kaki mobil (Foto Ilusrrasi: KabarOto)

KabarOto.com - Libur Lebaran sudah berakhir, aktivitas akan kembali normal. Namun sebelum melakukan mobilitas seperti biasanya, ada baiknya untuk memeriksa bagian kaki-kaki mobil pasca digunakan untuk mudik ke kampung halaman.

Perjalanan mudik yang jauh menggunakan mobil, tentu membuat mobil bekerja keras melibas berbagai jenis jalanan. Oleh karena itu tidak ada salahnya untuk memeriksa kaki-kaki mobil demi memastikan mobil tetap aman.

Pertama pastikan kolong mobil bersih, karena kotoran yang mengendap bisa membuat bagian mobil berkarat, dan merusak kaki-kaki, misal sokbreker yang kotor berpotensi membuat baret dan mengalami kebocoran.

Pemilik mobil bisa kenali tanda-tanda kaki-kaki bermasalah saat dijalankan. "Tanda-tanda kerusakan pada kaki-kaki seperti tie rod, long tie rod, ball joint, stabilizer link, racksteer dan sokbreker itu biasanya ada suara berisik saat mobil berjalan di jalan bergelombang," ujar Racca Ayodhya, owner Barbar Motorsport.

Baca Juga : Pulang Mudik, Jangan Lewatkan Pengecekan Kendaraan

Selain suara bising, ada beberapa gejala juga yang bisa dijadikan indikasi untuk memeriksakan kondisi kaki-kaki mobil. "Gejala lain adalah setir tidak stabil buang ke kiri atau kanan, getaran pada mobil bertambah, bantingan mobil pun terasa berubah saat sokbreaker sudah bocor atau mati," tambah dia. Jika sudah merasakan seperti itu, bisa lakukan pemeriksaan ke bengkel untuk di-service atau lakukan penggantian.