POPULAR STORIES

Pulang Mudik? Simak 5 Tips Untuk Pengguna Mobil Berikut Ini

Pulang Mudik? Simak 5 Tips untuk Pengguna Mobil Berikut Ini Ilustrasi (Jasa Marga, Lifepal)

KabarOto.com - Setelah pemudik menghabiskan waktu Lebaran bersama keluarga di kampung halaman dengan kendaraan pribadi, ada baiknya memperhatikan beberapa persiapan untuk memastikan perjalanan pulang aman dan nyaman.

Benny Fajarai selaku Co-Founder dari marketplace asuransi Lifepal, membagikan 5 tips terkait kendaraan pribadi yang perlu diperhatikan:

1. Pelajari rute terbaik

Salah satu persiapan terpenting perjalanan jauh dengan kendaraan pribadi adalah memahami dahulu rute yang hendak dilewati. Pilihlah rute terbaik untuk dilintasi sehingga Sobat KabarOto juga bisa memetakan lokasi peristirahatan (rest area), hingga letak posko kesehatan dan bengkel terdekat.

Selain itu, pahami juga jalur-jalur rawan macet yang hendak dilewati. Untuk memudahkannya, bisa memanfaatkan aplikasi GPS seperti google maps atau waze sebagai panduan arah.

2. Jaga kondisi tubuh sebelum berkendara jauh

Persiapan perjalanan jauh dengan mobil pribadi, yang pertama adalah menjaga kondisi tubuh. Hal ini bertujuan untuk mengantisipasi tubuh agar tidak kelelahan dan jatuh sakit.

Memastikan tubuh prima saat berkendara merupakan salah satu dari tiga prinsip dasar berkendara. Oleh karena, itu sebaiknya sehari sebelum berangkat, ada baiknya mengistirahatkan tubuh dengan tidur minimal enam sampai delapan jam.

Baca Juga: Naik 18,6 Persen, Ada Sebanyak 1,75 Juta Pemudik Tahun 2022

"Kemudian pada saat di perjalanan, usahakan untuk melakukan tidur singkat atau istirahat dengan menepikan kendaraan apabila merasa letih di tengah perjalanan," imbuhnya.

3. Pastikan kendaraan fit dan siap untuk perjalanan jauh

Pastikan juga Sobat persiapkan kondisi mobilnya. Bagian ini menjadi salah satu bagian terpenting dalam persiapan mudik. Untuk hasil yang lebih optimal, ada baiknya melakukan pengecekan mobil sebelum berangkat.

Ada beberapa komponen yang harus diperhatikan, diantaranya adalah mengecek kondisi aki, memeriksa radiator sebagai komponen yang mencegah mesin overheat, dan mengganti oli dengan teratur.

"Tak menutup kemungkinan akan terjadi kemacetan parah. Pada kondisi macet, mengemudi 'stop & go' tak dapat dihindari. Dengan cara mengemudi seperti ini, tentu akan memperpanjang periode diam yang menyebabkan beban tinggi pada beberapa bagian mesin," jelasnya.

4. Bawa perangkat pendukung

Selanjutnya jangan lupa untuk membawa peralatan pendukung yang bisa meminimalisasi masalah di perjalanan, misalnya ban serep, dongkrak, dan berbagai peralatan lainnya. Hal ini tentu akan sangat berguna dibandingkan harus menunggu pertolongan datang jika sewaktu-waktu terjadi masalah pada mobil.

Baca Juga: Prioritaskan Silaturahmi Lebaran, Polres Belum Terapkan Ganjil Genap Di Jalur Puncak

Untuk penumpang dan pengemudi, perlengkapan tambahan yang harus dibawa yaitu peralatan P3K yang berisi berbagai obat-obatan. Perlengkapan ini untuk mengantisipasi masalah yang tidak diinginkan terjadi.

5. Perlindungan kendaraan

Menurut Benny, ada baiknya memiliki asuransi tidak hanya melindungi dari kejadian tak terduga selama perjalanan pulang-pergi mudik, tapi juga memberikan ketenangan sehingga perjalanan akan terasa jauh lebih nyaman dan aman bersama keluarga dan kendaraan pribadi kesayangan.