Prioritaskan Silaturahmi Lebaran, Polres Belum Terapkan Ganjil Genap Di Jalur Puncak

Prioritaskan Silaturahmi Lebaran, Polres Belum Terapkan Ganjil Genap di Jalur Puncak NTMC

KabarOto.com - Hari pertama Lebaran 2022, diketahui arus lalu lintas Puncak alami kepadatan. Diperkirakan, hari ke-2 atau hari ini (03/05) arus lalu lintas juga bakal lebih padat dari sebelumnya.

Pasalnya, diprediksi masih ada masyarakat yang masih lakukan perjalanan mudik dan menuju lokasi wisata yang ada di Puncak, Bogor, Jawa Barat sehingga jalur Puncak pun padat.

“Trennya sendiri di Jalur Puncak merupakan destinasi wisata sehingga peningkatan arus volume terjadi pada hari kedua Lebaran 2022,” ujar Kasatlantas Polres Bogor, AKP Dicky Anggi Pranata.

Baca Juga: Naik 18,6 Persen, Ada Sebanyak 1,75 Juta Pemudik Tahun 2022

Ia menambahkan, jalur penghubung Kabupaten Bogor dengan Kabupaten Cianjur kerap difungsikan sebagai jalur mudik serta jalur wisata libur Lebaran 2022.

“Saat ini ada kebijakan dari pemerintah terkait ‘one way’ di Jalur Cikampek menuju Jawa pasti akan memiliki imbas ke sini, maka kami tetap menyiagakan personel untuk bersiaga,” ungkap Dicky.

Selama Operasi Ketupat yang dilaksanakan untuk mengamankan selama arus mudik, arus balik, dan libur Lebaran 2022, Polres Bogor beserta instansi terkait menurunkan 2 ribu personel untuk bersiaga di seluruh kawasan Bogor.

Baca Juga: Selamat Hingga Pulang, Ini 3 Tips Mudik Naik Motor Bareng Keluarga

Sementara, KBO Satlantas Polres Bogor Iptu Ketut Laswarjana menyebutkan bahwa pihaknya belum memberlakukan rekayasa lalu lintas, baik sistem satu arah maupun sistem ganjil genap di Jalur Puncak pada hari pertama Lebaran 2022.

“Karena banyak masyarakat di daerah Puncak yang bersilaturahmi, jadi kita hari ini memprioritaskan terlebih dahulu masyarakat lokal yang melaksanakan silaturahmi ke keluarganya masing-masing di kawasan Puncak,” jelasnya. Ia menambahkan, jika kondisi semakin padat, maka pemberlakuan ganjil genap dihentikan, digantikan dengan sistem satu arah atau one way.