POPULAR STORIES

Puncak Arus Balik Diprediksi Terjadi 30 April - 1 Mei 2023

Puncak Arus Balik Diprediksi Terjadi 30 April - 1 Mei 2023 Antrian kendaraan di gerbang tol (Foto Ilustrasi: KabarOto)

KabarOto.com - Sebagian masyarakat Indonesia khususnya Jabodetabek yang mudik ke kampung halaman sudah mulai kembali ke Jakarta. Diprediksi, puncak arus balik terjadi pada 30 April sampai 1 Mei 2023.

PT Jasa Marga Persero, memperkirakan ada long weekend, di mana tanggal merah jatuh pada 1 Mei 2023 mendatang, tepatnya hari Senin. Corporate Communication and Community Development Group Head Jasa Marga Lisye Octaviana menjelaskan, jumlah kendaraan yang saat ini kembali ke Jabotabek baru mencapai 30,45 %. Arus balik menurut prediksinya sebesar 1,6 juta kendaraan, periode H+1 – H+7 Idul Fitri 1444 H.

Baca Juga: Jasamarga Kasih Diskon 20 Persen Untuk Pemudik Yang Balik 27-29 April 2023

Kepadatan di arus mudik di tol Trans Jawa (Foto Ilustrasi: Jasamarga)

”Untuk melayani masih tingginya volume kendaraan pada arus balik, Jasa Marga akan mendukung pelaksanaan rencana rekayasa lalu lintas, dan pengaturan lalu lintas angkutan barang,” terang Lisye melalui keterangan tertulis.

Pelaksanaan tersebut, menurut dia sudah diperpanjang jadwal pelaksanaannya, dengan Surat Keputusan Bersama (SKB) Dirjen Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan dan Kakorlantas Polri. Untuk itu,pemudik dihimbau untuk kembali ke Jakarta pada 26-28 April 2023, agar perjalanan aman dan nyaman.

Baca Juga: Diskon Tarif Tol 20% Mulai Berlaku, Ratusan Ribu Kendaraan Tinggalkan Jabodetabek

Pada tanggal tersebut, juga bisa mendapatkan diskon tarif tol 20%, untuk perjalanan dari Semarang menuju Jakarta, dimulai dari gerbang tol Kalikangkung sampai Cikampek Utama.