POPULAR STORIES

Punya 4 Roda, Nyetir Qooder Pakai SIM Apa?

Punya 4 Roda, Nyetir Qooder Pakai SIM Apa? Qooder dapat miring hingga 45 derajat (KO/Edo)

KabarOto.com - Skuter premium asal Swiss, Qooder, resmi masuk pasar Indonesia. Di bawah bendera PT Gforce Republic selaku Agen Pemegang Merek (APM) mengklaim, Indonesia menjadi negara pertama di Asia Tenggara yang meluncurkan skuter roda 4 tersebut.

"Indonesia menjadi negara pertama di Asia Tenggara. Negara terdekat kita ada Dubai, lalu Jepang lagi buat peraturannya," ujar Sales and Marketing Manager Enduro Republic Indonesia, Budi Kurniawan, pada saat peluncuran Qooder di Jakarta, Jumat (13/12).

Baca Juga: Apa Yang Dimaksud Dengan CCU Di Yamaha NMax 2020?

Meskipun merupakan pabrikan asal Swiss, namun Qooder didatangkan secara utuh (CBU) dari pabrik di Taiwan. Lantas, masuk golongan kendaraan apakah sebenarnya Qooder tersebut, mengingat jumlah rodanya yang mencapai 4 buah?

Gunakan 4 buah roda

"Sempat akan ditetapkan dalam kategori mobil, saat mengajukan izin sebagai syarat untuk penyiapan Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK). Hanya saja, hal itu disiasati dengan memperpendek jarak sumbu roda dan akhirnya Qooder masuk kategori motor roda tiga," jelas Budi.

Masih tergolong sepeda motor roda 3

Karena memiliki jarak sumbu yang lebih pendek, kendaraan ini masuk ke dalam kategori roda tiga, bukan lagi masuk kategori mobil. "Surat Izin Mengemudi (SIM) juga menggunakan SIM C," ucap Budi saat berbincang dengan KabarOto.

Selain jumlah rodanya yang terbilang paling banyak di kelas skuter bongsor, Qooder dibekali suspensi Hydraulic Tilting System (HTS).

Baca Juga: Qooder, Skuter Unik 4 Roda Resmi Meluncur Di Tanah Air

Menggunakan teknologi ini, suspensi motor memiliki kendali independen ketika melewati permukaan jalan berbeda, sehingga tidak saling memengaruhi kinerja roda yang lain.

Gunakan sistem suspensi independen

Berminat memesan motor ini, konsumen bisa mendatangi diler pertama Qooder, di Jalan Lebak Bulus 1 nomor 62, Jakarta Selatan. "Dalam waktu dekat akan dibuka dealer baru di BSD, Serpong," pungkas Budi.