POPULAR STORIES

Punya Kinerja Berat, Ini Tips Perawatan Mobil Pikap

Punya Kinerja Berat, Ini Tips Perawatan Mobil Pikap DFSK Super Cab (Foto: DFSK)

KabarOto.com - Mobil pikap dikenal sebagai kendaraan niaga fungsional, untuk mendukung bisnis pemiliknya. Dengan kinerja berat, mobil pikap juga perlu perawatan yang tepat.

DFSK Super Cab merupakan salah satu mobil pikap yang ditawarkan di Indonesia diklaim memiliki perawatan yang mudah.

"Kami memasukkan aspek kemudahan perawatan sebagai salah satu aspek dalam pengembangan DFSK Super Cab sejak awal. Harapannya, para konsumen bisa merasakan manfaat secara maksimal, perawatan mudah, dan usaha terus tumbuh," ungkap Marketing Head PT Sokonindo Automobile, Achmad Rofiqi.

Baca Juga: Sambut Hari Kemerdekaan, DFSK Tawarkan Program Penjualan Menarik

Lakukan perawatan berkala

Nah, berikut adalah tips perawatan agar mobil pikap memilik performa yang baik:

1. Jangan bawa barang berlebihan
Meski memang bertugas untuk membawa berbagai jenis barang, namun perhatikan juga bobot dan dimensi barang yang dibawa. Bobot yang berlebih akan berpengaruh terhadap umur berbagai komponen, serta dimensi yang terlampau besar akan mengganggu keamanan selama perjalanan.

2. Cek kondisi ban
Perhatikan tekanan udara pada ban, sesuai rekomendasi yang disarankan pada stiker di pilar pintu kendaraan atau di buku Pedoman Pemilik Kendaraan, dan selalu pantau ketebalan kembangan ban. Apabila ban sudah mulai gundul, segera lakukan pergantian agar perjalanan tetap aman dan nyaman.

Baca Juga: DFSK Gelora E Uji Perjalanan Antar Kota Sebagai Kendaraan Niaga

Jangan bawa barang berlebih

3. Rawat rem dan kopling

Kedua komponen ini berkaitan erat dengan keamanan, sehingga kondisinya harus dijaga dengan baik. Cara mudah untuk mengecek kondisi kopling adalah dengan cara menginjak pedal sambil merasakan pengereman dan kopling dalam kondisi yang normal.

4. Cek kondisi lampu dan wiper
Lampu bekerja saat di kondisi gelap, dan lampu sein bertugas memberikan informasi manuver kendaraan. Lampu-lampu harus selalu hidup, dan apabila bohlamnya putus maka segera diganti.

Begitu juga kondisi wiper wiper harus berfungsi secara normal agar memberikan visibilitas berkendara yang baik. Pengecekan bisa dilihat dari sapuan air oleh karet wiper, apabila sudah tidak baik bisa segera diganti karet wipernya.

5. Lakukan perawatan berkala
Apabila dirasakan sulit untuk melakukan pengecekan sendiri, silakan datang ke bengkel resmi. Lakukan servis berkala, sesuai dengan jadwal yang sudah tercantum di buku panduan manual.