PUPR Juga Optimalkan Ruas Jalan Jawa Timur Untuk Akses Logistik Saat Pandemi Corona

PUPR juga Optimalkan Ruas Jalan Jawa Timur untuk Akses Logistik saat Pandemi Corona doc. PUPR

KabarOto.com - Saat ini penanganan pandemi virus Corona atau Covid-19 jadi fokus pemerintah, salah satu hal penting lainnya adalah kelancaran distribusi logistik baik bahan pangan maupun alat medis.

Agar bisa berjalan lancar Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melalui Direktorat Jenderal (Ditjen) Bina Marga terus mengoptimalkan ruas jalan, salah satu caranya melakukan preservasi jalan nasional.

Baca Juga: Perlancar Akses Saat Pandemi Covid-19, Pemerintah Perbaiki Jalan Di Lintas Timur Sumatera

Preservasi ini berupa pemeliharaan rutin, rekonstruksi jalan dan pelebaran jalan menuju standar. Tahun Anggaran 2020, salah satu kegiatan preservasi jalan dilakukan untuk Provinsi Jawa Timur sepanjang 307 km. Preservasi untuk jalan nasional yang berada di Kabupaten Nganjuk, Kabupaten Kediri, dan Kabupaten Jombang.

Hal ini dilakukan selain melancarkan perjalanan tentunya bertujuan untuk memangkas biaya logistik. Peningkatan aksesibilitas serta konektivitas jaringan infrastruktur jalan bisa memberikan kelancaran, keselamatan, keamanan, dan kenyamanan perjalanan pengendara.

"Akses jalan yang semakin baik akan menunjang perekonomian masyarakat di kawasan sekitar," ujar Menteri PUPR Basuki Hadimuljono.

Baca Juga: Indonesia Pandemik Covid-19, Jokowi Larang Masyarakat Mudik

Preservasi jalan nasional ini dilakukan dalam tiga paket pekerjaan dengan jangkauan yang berbeda-beda, yaitu Paket Preservasi Jalan Kertosono - Kediri - Tulungagung - BTS Kabupaten Trenggalek sepanjang 101,28 km.

Selanjutnya Paket Preservasi Jalan Ngawi - Caruban - BTS Kabupaten Nganjuk - Kertosono sepanjang 99,29 km dan terakhir Paket Preservasi Jalan Kertosono - Jombang - Mojokerto - Gempol sepanjang 102,9 km.

Selain preservasi jalan nasional, adapun rencana untuk memperlancar arus distribusi logistik dengan membangun flyover atau jembatan layang. Diusulkan untuk membangun Flyover Mengkreng yang lokasinya terletak di pertigaan Mengkreng Kecamatan Purwoasri, Kabupaten Kediri.