Purwarupa Puma Rally1 WRC Hybrid Untuk Hadapi FIA Reli 2022

Purwarupa Puma Rally1 WRC Hybrid untuk Hadapi FIA Reli 2022 Sumber Foto : Ford & M-Sport

KabarOto.com – Ford dan M-Sport memberikan kejutan dalam ajang Goodwood Festival of Speed 2021 dengan menghadirkan mobil purwarupa Puma Rally1 WRC Hybrid.

Hasil karya dari Ford yang bekerja sama dengan M-Sport ini nantinya bakal digunakan untuk ajang Kejuaraan Reli Dunia FIA 2022 mendatang.

Baca juga: Gandeng Tim Balap Sepeda, Ineos Grenadiers Tampil Perdana Di Goodwood Festival Of Speed 2021

Sebenarnya pihak pabrikan ingin memberikan kejutan saat M-Sport meluncurkan sebuah crossover Ford Puma yang dibuat khusus untuk pasar Romania. Di mana, para ahli motorsport Inggris di M-Sport mampu merubah puma menjadi monster reli hybrid.

Dan kini, mereka sukses membuat mobil reli bertenaga hybrid untuk kompetisi tahun depan. Nantinya, Puma Rally1 ini akan digunakan oleh tim M-Sport Ford World Rrally Team (WRT).

Menggunakan sistem Plug-in Hybrid (PHEV) dengan mesin bensin EcoBoost 1.600 cc turbocharged, disandingkan dengan motorr listrik 100 kW (134 dk).

Baca juga: GreenGT MissionH24 LMPH2G, Tampil Di Goodwood FOS 2021

Sayangnya motor listrik ini didukung oleh baterai yang kapasitasnya lumayan kecil yaitu 3,9 kWh. Namun, penggunaan baterai kecil ini guna mempersingkat waktu pengisian daya yang diklaim hanya memakan waktu sekitar 25 menit saja.

Pihak pabrikan mengklaim, rakitan penggerak hybrid mereka hanya memiiki bobot sekitar 95 kg saja dan didukung sistem pendingin cairan dan udara. Karena trek reli tergolong ekstrem, paket hybrid ini sudah dilindungi dalam selubung berkekuatan balistrik yang mampu menahan benturan keras serta puing-puing lainnya.