POPULAR STORIES

Putar Balik Mobil Jangan Sembarangan, Ini Caranya

Putar Balik Mobil Jangan Sembarangan, Ini Caranya

KabarOto.com - Bagi pengendara pemula, memutar balikkan mobil umumnya cukup sulit untuk dilakukan karena membutuhkan konsentrasi lebih tinggi untuk memperhatikan kendaraan di sekitar, serta melakukan teknik yang benar agar lebih aman.

Menurut Muhammad Faqih selaku Service Advisor PT Astra International Tbk. Daihatsu Sales Operation, secara umum, terdapat dua teknik yang bisa dilakukan, yaitu three point turn dan u turn yang bisa dilakukan sesuai dengan kondisi yang ada.

Teknik Three Point Turn, sesuai namanya, teknik maju mundur merupakan cara putar balik mobil dengan cara melakukan tiga titik berhenti. Hal ini dikarenakan tidak bisa melakukan putar balik secara langsung dalam sekali coba. Jadi, cara putar balik mobil yang benar adalah dengan menggunakan teknik three point turn ini.

Baca Juga: Takut Terobos Banjir Pakai Motor? Ini Tipsnya

Pindahkan transmisi ke gigi pertama lalu memutar kemudi berlawanan dengan posisi mobil, misal mobil di sebelah kiri maka putar kemudi ke kanan, lalu injak pedal gas sambil memutar kemudi ke kanan. "Atur kembali transmisi ke gigi mundur lalu menginjak pedal gas sambil membelokan kemudi ke kiri. Lalu atur kembali transmisi ke gigi pertama, injak pedal gas, dan belokkan kemudi ke kanan. Bisa menggunakan teknik hand to hand dalam memutar kemudi," ujarnya.

Sedangkan pada teknik U Turn (putar balik/arah), umumnya lebih mudah dilakukan dibandingkan three point turn karena dengan u turn, bisa putar balik secara langsung. Teknik ini adalah cara putar balik mobil yang benar jika ingin ke jalur yang berlawanan arah daripada sebelumnya.

Melakukan teknik ini, pengemudi harus memepetkan mobil lebih ke pembatas jalan lalu atur transmisi ke gigi pertama. Jangan terburu menginjak pedal gas, hentikan dulu pergerakan mesin dengan menginjak rem dan pedal kopling, baru jalankan ketika jalan memang sudah aman untuk dilintasi.

Baca Juga: Transmisi Otomatis Ingin Terobos Banjir? Ini Tipsnya

"Lepas rem secara perlahan lalu belokkan kemudi dengan baik. Perhatikan juga kendaraan kecil seperti sepeda motor yang ada di sebelah kanan posisi kendaraan kita, terlebih di jalan yang ramai," tegasnya.

Ia menggarisbawahi bahwa pastikan jalan putar balik yang akan dilewati memang diperbolehkan untuk putar balik. Kedua, pastikan menyalakan lampu sign untuk memberi tanda ke pengendara di belakang atau depan sesuai arah belok.

"Perhatikan ruang ketika akan putar balik, biasanya, ketika akan putar balik ke wilayah jalan berlawanan dengan arah semula, pasti akan banyak pengendara lain yang juga akan berbelok," tutupnya.