POPULAR STORIES

Takut Terobos Banjir Pakai Motor? Ini Tipsnya

Takut Terobos Banjir Pakai Motor? Ini Tipsnya

KabarOto.com - Banjir yang melanda berbagai wilayah di Indonesia mempersempit ruang gerak pengendara, contohnya sepeda motor. Hal tersebut membuat Yamaha Indonesia berinisiatif memberikan tips agar pengendara berhati-hati saat berkendara dalam kondisi banjir.

M.Abidin selaku GM After Sales & Motorsport PT Yamaha Indonesia Motor Manfacturing (YIMM) bilang sangat penting untuk mengetahui medan dan kondisi jalan. "Jika air banjir sudah melebihi knalpot atau saringan udara, maka sebaiknya tidak melewati jalan tersebut," ujarnya.

Baca Juga: Lonjakan Animo Modifikasi XSR 155, Yamaha Indonesia Klaim Aksesorinya Tahan Banting

Jika terpaksa harus melewati jalanan yang kebanjiran, ia bilang boleh dilewati asal ketinggian air masih di bawah knalpot atau saringan udara, lakukan gas motor yang konstan. Jangan tutup gas karena bisa menyebabkan air menutup atau masuk knalpot sehingga mesin motor bisa mati.

Jika ketinggian air berlebih dan mesin motor mati karena melewati jalanan yang banjir, jangan langsung starter atau menghidupkan motor karena ada kemungkinan air bisa masuk ke dalam mesin.

Lepas busi terlebih dahulu dan cek juga kondisi saringan udara untuk memastikan tidak terdapat air, kemudian starter untuk mengeluarkan air di ruang bakar. Bersihkan juga busi dan tutup busi dan pasang kembali busi.

"Jika langsung starter atau menyalakan motor tanpa dilakukan pemeriksaan terlebih dahulu, bisa menyebabkan water hammer akibatnya connecting rod bisa bengkok," paparnya.

Baca Juga: Simak Tips Hadapi Motor Vespa Kebanjiran Ala Scooter Jam

Lakukan pengecekan oli mesin dan oli transmisi. Jika oli tercampur air, oli akan berwarna putih susu, jika itu terjadi wajib dilakukan pengurasan oli. Jika oli tercampur air, pelumasan tidak sempurna karena adanya kandungan air.

Perhatikan juga komponen kelistrikan. Jika komponen kelistrikan basah segera keringkan, sebelum menyalakan mesin. Setelah melewati banjir, bersihkan atau cuci sepeda motor untuk menghilangkan lumpur atau kotoran yang menempel pada motor.