Radiator Pada Sepeda Motor Wajib Dirawat

Abdi Kurniawan
Abdi Kurniawan 05 Oct 2016 - 01:05
Radiator Pada Sepeda Motor Wajib Dirawat
Radiator pada motor juga harus dirawat (foto: Alif/KabarOto)

Meski terbilang minim perawatan, radiator sebagai peranti pendukung pendingin mesin pada motor yang banyak beredar saat ini juga harus diperhatikan dalam hal perawatan atau wajib dirawat.

Karena tak jarang, radiator pada sepeda motor dapat mampet, atau bocor, bahkan masalah lebih besar bisa merembet ke sektor mesin. Paling fatal, bisa terjadi over heat karena radiator sepeda motor tak bekerja maksimal.

"Salah satu cara perawatan radiator adalah rutin mengganti cairan coolant," kata Budi dari bengkel spesialis radiator Berkah Jaya di bilangan Jati Asih, Bekasi.

Di buku petunjuk pemakaian motor, rata-rata pergantian dilakukan tiap 25.000 km. Tapi kalau motor dipakai tiap hari, dan melintasi jalanan macet dan berdebu, ada baiknya pergantian coolant dilakukan lebih awal.

"Pergantian bisa dilakukan setiap 20.000 km. Kenapa harus dilakukan lebih cepat? Karena kalau terlalu lama, atau bahkan cairan tak pernah diganti, yang sering ditemukan adalah tabung reservoir dan selang yang berlumut. Dan ini jelas bisa menghambat sirkulasi cairan. Lagi-lagi, efeknya membuat pendinginan mesin kurang optimal," ujar Budi.

Baca Juga: