POPULAR STORIES

Rasa Kekeluargaan Jadi Kunci Para Anggota Porsche Club Indonesia Makin Solid

Rasa Kekeluargaan Jadi Kunci Para Anggota Porsche Club Indonesia Makin Solid Deretam mobil anggota PCI (KO/Edo)

KabarOto.com - Klub atau komunitas mobil, biasanya malah menjadi tempat adu gengsi para anggotanya. Dari beberapa kejadian, bukannya kompak, anggota komunitas tersebut akhirnya malah pecah, dan ada yang membuat klub tandingan.

Namun hal tersebut nampaknya tidak akan terjadi pada Porsche Club Indonesia. Pasalnya, komunitas yang berdiri sejak tahun 2011 ini selalu mengedepankan rasa kekeluargaan pada tiap anggotanya.

"Kita di PCI menjalankan kearifan lokal yang menjadi ciri khas Indonesia, yaitu kekeluargaan," ujar Ali Setiawan Presiden PCI. Lebih lanjut pria ramah itu menjelaskan, dengan rasa kekeluargaan membuat para anggotanya menjadi makin solid dan berbeda dari negara lain.

Bila mencontoh dari seperti Hongkong, ada lebih dari 1.000 member namun yang aktif hanya 2 persennya saja.

"Begitu juga di Jepang, membernya ada 2.000-an namun yang aktif hanya 200-an. Beda dengan di Indonesia, member kita paling cuma 180-an termasuk Surabaya, namun involment dari member-member itu very high," ujar William salah satu anggota PCI.

Maka dari itu, untuk urusan solidaritas, para anggota Porsche Club Indonesia tidak bisa dianggap remeh. "kalau ada acara, kita kumpulin 30 mobil gampang banget, beda dengan komunitas sejenis yang ngumpulin belasan mobil aja susah," lanjut William.

Para anggota PCI saat bertemu dengan awak media

Dibandingkan dengan perkumpulan sportcar lainnya, PCI merupakan klub yang memiliki banyak member aktif dan rutin mengadakan event. Bahkan dalam satu tahun, klub yang bermarkas di daerah Kebayoran Lama, Jakarta Selatan tersebut dapat mengadakan acara sampai 24 kali.

Adapun berbagai kegiatan yang kerap dilakukan PCI adalah track day di sirkuit, touring ke luar kota, maupun sekedar sarapan bareng. "Kita juga ada family event maupun kids event, jadi anggota keluarga dari member PCI juga bisa ikut serta," ujar Ali di Porsche Centre Jakarta. Asiknya, para member PCI juga mendapat pelatihan dalam menggunakan mobil Porsche kesayangannya.

"Dengan program sport driving school, kita ingin para member tidak hanya sekadar bisa mengendarai mobil sportnya, namun juga mahir dan lihai," jelas Ali.

Baca juga: Wow.. Porsche Sudah Mulai Produksi Macan 2019

Porsche Club Indonesia juga sering melakukan aksi amal seperti charity drive. "Terakhir pas GIIAS lalu, kita ajak anak-anak dari panti asuhan untuk ikut naik ke mobil member PCI, dari PIK ke GIIAS. Tentunya itu akan menjadi pengalaman tak terlupakan bagi anak-anak tersebut," lanjut Ali. Sukses terus Porsche Club Indonesia!