POPULAR STORIES

Rayakan 50 Tahun, Ini Sejarah Singkat Daimler Commercial Vehicle (DCVI) Di Indonesia

Rayakan 50 Tahun, Ini Sejarah Singkat Daimler Commercial Vehicle (DCVI) di Indonesia

KabarOto.com - Perjalanan Mercedes-Benz di Indonesia dimulai pada 8 Oktober 1970, ketika Daimler-Benz AG mendirikan P.T. Star Motors Indonesia sebagai agen tunggal pemegang produk Daimler-Benz AG di Indonesia.

Tahun tersebut juga tonggak sejarah bagi P.T. German Motors Manufacturing yang didirikan sebagai fasilitas manufaktur dan perakitan baru untuk produk Daimler-Benz yang berlokasi di Tanjung Priok. Kedua hal tersebut secara resmi menandai dimulainya merek Mercedes-Benz di Indonesia.

Tahun 1971, truk tipe 911 menjadi truk pertama yang diproduksi secara masal dari pabrik Mercedes-Benz di Indonesia. Setelah itu, truk dan bus diesel Mercedes-Benz 4-5-6 ton berkapasitas hingga 50 kursi pun tersedia. Satu tahun setelahnya, mereka memperkenalkan bus O 321 H yang diklaim sebagai pelopor bus canggih di Indonesia.

Baca Juga: Mercedes-Benz Berencana Bikin Otoped Listrik, Ini Spesifikasinya

Pada tahun 1977, kantor purna jual Mercedes-Benz pindah ke Ciputat, Tangerang dan resmi berdiri pada tahun 1978. Fasilitas ini dilengkapi dengan Pusat Pendidikan dan Pelatihan Vokasi dan pusat kompetensi pelatihan truk dan bus Mercedes-Benz di seluruh Asia.

Mercedes-Benz mulai beroperasi di fasilitas perakitan lokal baru di Wanaherang, Bogor, Jawa Barat pada tahun 1982. Diikuti dengan peluncuran generasi kedua OF1113 yang merupakan bus bermesin depan pertama yang hadir di Indonesia pada tahun 1986.

“Saat ini, kami menawarkan kepada pelanggan kami di Indonesia 34 model truk dan bus Mercedes-Benz. Perayaan ini meningkatkan kepercayaan diri kami untuk selalu memberikan yang terbaik dalam melayani pelanggan kami di seluruh Indonesia,“ tutup Jung Woo Park.