POPULAR STORIES

Rayakan Kemenangan Di F1, Lotus Hadirkan Exige Edisi Khusus

Rayakan Kemenangan di F1, Lotus Hadirkan Exige Edisi Khusus Lotus Exige Cup 430 Type 25 (Cnet)

KabarOto.com – Produsen mobil sport asal Inggris, Lotus, dikabarkan akan meluncurkan mobil berperforma tinggi terbaru yang merupakan versi edisi terbatas dari model Exige. Rencananya mobil tersebut hanya akan dibuat sebanyak 25 unit.

Dinamakan Exige Cup 430 Type 25, Lotus mengatakan bahwa mobil tersebut dibuat untuk merayakan kesuksesannya pada ajang balap Formula 1, yang berkompetisi pada tahun 1962 hingga 1967.

Mobil Formula Lotus Type 25 yang dikemudikan Jim clark tampil gemilang pada 1963, serta dapat memenangkan tujuh dari sepuluh kejuaraan yang digelar pada musim itu.

Dengan tujuh pole position dan enam lap tercepat yang didapat, Lotus akhirnya berhasil membawa pulang Trophy kehormatan pembalap dan konstruktor, sekaligus menandai tahun pertama Lotus menjadi juara di ajang Formula 1.
Lotus Type 25 juga merupakan mobil F1 pertama yang menggunakan desain chassis monocoque.

Kini, sejarah kesuksesan di masa lalu itu coba disematkan pada Exige Cup 430. Dibalur warna Lotus Racing Green atau Old English White, mobil edisi khusus tersebut juga dilapisi dengan stiker pinstripes layaknya mobil balap. Mulai dari kap depan, memanjang ke atap hingga ke sayap belakang.

Di bagian dalam, terdapat jok model balap berbahan karbon, yang dibalur dengan bahan Alcantara berwarna hitam. Yang menarik, Lotus menggunakan bahan kayu pada knop transmisinya, sehingga memberi kesan klasik.

Dapur pacunya menggunakan mesin V6 3.5-liter yang dilengkapi dengan supercharger keluaran Edelbrock. Mesin tersebut sanggup menghasilkan tenaga hingga 430 dk dan torsi sebesar 440 Nm.

Baca juga: Mustang GT 5.0 Mobil Impian Juara All England Kevin Sanjaya

Mobil seberat 1.056 kg tersebut dapat berlari dari posisi diam hingga 100 kpj hanya dalam waktu 3,2 detik. Bila pedal gas diinjak lebih dalam, dapat melesat hingga 290 kpj.