POPULAR STORIES

Red Bull Racing Debut RB15 Dan Pembalap Muda

Red Bull Racing Debut RB15 dan Pembalap Muda Foto: formula1.com

Kabaroto.com – Aston Martin Red Bull sudah melakukan debut mobil terbarunya dengan kode bodi RB15, kehadiran pertamanya disambut dengan livery special.

Red Bull telah membuat kebiasaan meluncurkan mobil mereka dalam livery edisi khusus sejak beberapa tahun terakhir, pada tahun 2019 ini livery khusus tersebut diberikan tema “One-Off”. Livery special ini memiliki warna dasar yang berbeda dengan tahun lalu, saat masih menggunakan sasis RB14, dimana warna tahun lalu perpaduan antara biru dan hitam dengan motif camo.

Baca juga: Force India Ganti Nama jadi Racing Point, Wajah Barunya Masih dengan Warna Pink

Lalu pada tahun ini dengan RB15, Red Bull Racing hadir dengan warna dasar hitam doff dan livery merah dengan motif bentuk anak panah, yang kerennya lagi logo banteng Redbull dibuat ulang dengan motif bergaris.

Untuk penggunaan logo sponsor, diberikan warna putih agar terlihat kontras. Sponsor-sponsor seperti Aston-Martin, Mobil1, AT&T, Puma, Honda, CITRIX, dan lainnya turut mengihasi sekujur bodi mobil ini.

Ubahan juga terjadi pada bagian winglet depan yang desainnya lebih sederhana dan dinamis dengan sirip 5 tingkar bertulis Red Bull besar. Lalu ada penambahan winglet samping yang cukup panjang sampai ke bawah demi aerodinamika yang lebih baik saat di sirkuit.

Baca juga: Penonton F1 Di Indonesia Alami Peningkatan

Tim yang sudah ada sejak 1997 dan memenangkan 4 kali juara dunia ini, menggunakan mesin baru dari lansiran Honda pada tahun 2019, dengan mesin tengah berkonfigurasi 6 silinder, 1.600 cc Turbocharger yang dapat menyentuh angka 15,000 RPM, disambung transmisi dari Red Bull Technology gearbox 8 percepatan, yang penempatannya longitudinal dengan sistem hydraulic untuk power shift dan pengoperasian kopling. Dengan bahan bakar dari Esso dan oli dari Mobil1.

Mobil ini dibuat dengan sasis struktur composite monocoque. Dengan suspensi berbahan aluminium alloy, carbon fiber composite double wishbones dengan pushrods, springs, anti-roll bar dan dampers.

Peleknya menggunakan OZ Racing 13 inci dengan balutan ban Pirelli, dan rem garapan Brembo. Nantinya pembalap 21 tahun asal Belanda, Max Verstappen akan menjadi pembalap pertama yang berada di balik kemudi RB15 di Silverstone, diikuti rekan setim barunya yang berumur 23 tahun, asal Prancis yaitu Pierre Gasly. (Deddy Darmanto)

Nama Tim Aston Martin Red Bull Racing
Markas Milton Keynes, United Kingdom
Team Chief Christian Horner
Technical Chief Pierre Waché
Sasis RB15
Mesin Honda RA619H
Masuk F1 Pertama 1997
Pembalap Max Vestappen dan Pierre Gasly