POPULAR STORIES

Rekrut Pembalap Offroad Dan Reli Wanita, Honda Racing Indonesia Lirik Balap Tanah?

Rekrut Pembalap Offroad dan Reli Wanita, Honda Racing Indonesia Lirik Balap Tanah?

KabarOto.com - Honda Racing Indonesia (HRI) umumkan formasi pembalapnya (25/03) di detik terakhir penyelenggaraan balap Indonesia Sentul Series of Motorsport (ISSOM) 2021 yang akan dihelat pekan ini (28/03).

Para pembalap tersebut akan diterjunkan untuk mengikuti ajang ISSOM 2021 sekaligus kejurnas slalom. Adapun formasi 2021 yang dipilih oleh HRI adalah pembalap senior Alvin Bahar, sang putra Avila Bahar, Anandyo Dwiki dan pereli sekaligus speed off-roader wanita Canya Prasetyo.

Berbicara tentang Canya Prasetyo, wanita berusia 21 tahun tersebut banyak menggeluti olahraga speed off-road dan reli. Pada cabang olahraga tersebut, ia tergabung dalam tim Banteng Motorsport yang dikomandoi oleh Prasetyo Edi Marsudi.

Baca Juga: Ini Dia Galeri Foto Merdeka Sprint Rally 2018

Prestasi yang ditorehkannya pun cukup konsisten di ajang tersebut. Terkait hal itu, KabarOto pun menanyakan kemungkinan dirinya disponsori oleh HRI dalam ajang olahraga tanah yang juga bertaraf kejuaraan nasional.

"Ya, kita lihat dulu kemungkinan dan progress Canya di ISSOM dan slalom 2021, karena kita juga baru tahun ini berpartisipasi di ajang slalom dengan menerjunkan 2 pembalap itu, bukan tak mungkin tahun berikutnya kita akan memikirkan jenjang ke sana (balap tanah)," ujar Yusak Billy selaku Business Innovation and Sales & Marketing Director PT HPM saat konferensi pers virtual (25/03).

Ia mengaku akan melakukan riset terhadap pembalapnya terlebih dahulu. Berbicara tentang reli, ada kelas F1 yang memungkinkan mayoritas mobil Honda terbaru yang beredar di Indonesia bisa ikut serta.

Baca Juga: Ini Regulasi Baru Kelas F1 Di Kejurnas Sprint Rally 2019

Kelas tersebut mengizinkan penggantian mesin atau engine swap dengan seri mesin yang dipasarkan oleh ATPM, pemakaian piggyback, penggunaan Limited Slip Differential (LSD), hingga over fender agar mobil terlihat lebih sporty.

Hervian Soejono selaku Ketua Komisi Sprint Rally IMI Pusat menyampaikan bahwa perubahan di kelas F1 ini adalah salah satu langkah IMI, untuk memudahkan peraturan nasional sekaligus menambah minat para peserta.

"Ini merupakan kelas yang bisa mendekatkan APM kepada cabang olahraga sprint rally. Kapasitas mesin 1.500 cc diisi oleh mobil dengan jumlah yang sangat banyak, terjangkau, serta sangat familiar,” ujar Hervian.