POPULAR STORIES

Reli Monte Carlo 2022: Kalahkan Ogier, Loeb Raih Podium Ke-80

Reli Monte Carlo 2022: Kalahkan Ogier, Loeb Raih Podium Ke-80 Sumber Foto : WRC & pihak tim

KabarOto.com – Pereli tim M-Sport Ford, Sebastian Loeb berhasil memenangkan World Rally Championship (WRC) Monte Carlo 2022, Minggu (23/1).

Kemenangan tersebut diraih usai memenangkan dari 17 Special Stage (SS) yang dilombakan di Reli Monte Carlo 2022, Loeb berhasil memenangi enam SS (SS2 – SS6, SS14, SS16), sedangkan rival sengitnya Sebastian Ogier (Toyota Gazoo Racing) jago di lima SS.

Baca Juga : Pembalap M-Sport Ford, Adrien Fourmaux Kecelakaan Besar

Loeb kejar ketertinggalan waktu dari Ogier

Sepanjang lomba, kedua pereli itu tidak pernah lepas dari dua besar. Ogier mampu memimpin sebagian besar lomba. Namun, Ogier sempat mengalami kebocoran ban depan kiri Toyota GR Yaris Rally1 di SS16. Alhasil, membuat Loeb mengambil alih posisi hingga finis.

“Jujur, saya sangat senang. Saya tidak begitu berharap banyak saat datang ke sini. Duel melawan Ogier sangatlah berat karena ia sangat cepat. Saya agak kesulitan kemarin pagi hingga tadi pagi. Tetapi, saya lega melihat hasil akhir,” ungkap Sebastian Loeb yang mengendarai Ford Puma Rally1.

Ogier gagal melawan Loeb

Ogier juga sempat membalas dengan finis pertama di SS17 dan unggul 9 detik dari Loeb. Tetapi, karena terburu-buru untuk memenangi lomba, dirinya melakukan jump start yang membuatnya mendapatkan penalti 10 detik.

“Ada suara aneh di mesin saat start. Mungkin saya menjadi agak terganggu sehingga melepas kopling terlalu cepat, saya tidak tahu. Meskipun kalah, saya masih bisa pulang dengan kepala tegak karena sudah melakukan tugas dengan baik. Jika tidak ada kebocoran ban di SS16, mungkin saya akan menang. Tetapi, apa pun bisa terjadi di perlombaan,” ungkap Sebastian Ogier.

Baca Juga : Hyundai Motorsport Kian Memburuk Di Reli Monte Carlo 2022, Pihak Tim Lakukan Perbaikan

Kemenangan Loeb andalkan Ford Puma Rally1

Loeb yang memenangi Reli Monte Carlo dengan total waktu 3 jam 32,8 detik. Juara dunia sembilan kali beruntun itu unggul 10,5 detik dari Ogier yang finis kedua. Bagi pereli asal Prancis itu, ini merupakan kemenangan kedelapan di Monte Carlo dan menjadi podium ke-80.

Peringkat ketiga ditempati oleh rekan satu tim Loeb yaitu Craig Breen yang memiliki gap 1:39,008 detik. Dengan begitu, M-Sport memimpin klasemen sementara WRC 2022.

Ott Tanak yang dijagokan Hyundai, harus mundur akibat gangguan penggerak roda dan hibrid

Berikut Hasil Reli Monte Carlo 2022 :