Renault Megane Kini Makin Lengkap Pilihannya

Renault Megane Kini Makin Lengkap Pilihannya

KabarOto.com - Renault Megane mendapat penyegaran lagi, bahkan sekaligus melengkapi pilihan konsumen yang sudah mengetahui keunggulan dari elektrifikasi. Kamis kemarin, (28/5), Renault menyatakan kini ada enam pilihan mesin mulai dari bensin, diesel dan teknologi Renault E-Tech Plug-in hybrid.

Tak sekadar enam pilihan mesin, ada juga lima pilihan trim, termasuk yang paling keren adalah R.S. LINE dan edisi terbatas Edition One. Selain itu model sedan dan estate juga disuguhkan di Prancis dengan harga mulai dari Rp €22.200 atau setera Rp358 juta.

Renault Megane menjadi salah satu model lansiran Prancis yang paling laris sepanjang 25 tahun, bahkan sudah terjual lebih dari 7 juta unit secara global.

Baca juga: Cara Aliansi Renault, Nissan dan Mitsubishi Keluar dari Krisis



New Megane kali ini juga menyertakan guratan baru di pemukaan bodinya. Revisi pada bumper depan hingga gril dan lampu kabut dibubuhi krom dan ada deflektor udara. Bumper belakang juga mendapat tarikan garis baru.

Tongkrongan New Megane memang kian dewasa, ditambah pilihan pelek mulai dari 16 hingga 18 inci untuk menyesuaikan selera konsumen. Saat akan mengakses New Megane, ada kejutan di pegangan pintu berupa pendaran cahaya.

Sorotan ke permukaan jalan tak menyilaukan pengendara lain, meski lebih terang dan lebar hingga 30% berkat teknologi LED. Renault mendesainnya sebagai 100% LED C-Shape dan lampu depan Pure Vision full-LED sebagai standar.



Saat berada di kabin New Megane, Sobat KabarOto akan merasa lebih cepat akrab dengan ruang kokpitnya. Renault menyebutnya berkat desain Multi-Sense. Pengendara dapat menyesuaikan posisi duduk melalui jok geser elektrik.

Oh iya, soft touch menjadi kesan pertama ketika mulai menyentuh door trim jok hingga yang utama lingkar kemudi. Kemudian di dasbor akan disapa layar digital 10,2 inci dan ada tablet digital dengan pilihan layar 7 inci atau 9,3 inci, koneksi bisa dipilih Android Auto atau Apple Carplay.



Teknologi bantuan berkendara sudah disiapkan, mulai dari peringatan menjaga jarak, lane departure serta membaca rambu lalu lintas dan fungsi Stop & Go. Adanya fitur-fitur tersebut, New Megane dipastikan sudah siap memasuki era swakemudi.

Tak ketinggalan, teknologi terkini yang disematkan di New Megane adalah pendeteksi kelelahan dan active emergency braking ketika tanapa disadari ada pejalan kaki dan pesepeda melintas.



Bagi Sobat KabarOto yang penasaran dengan R.S. LINE dan edisi terbatas Edition One, terutama yang ingin tampilan mobil berbeda dari versi standar. Akan dijumpai badge berlian ganda di sisi samping depan dan bagasi belakang.

Bagian bawah New Megane akan ditemui pipa gas buang ganda diberi sentuhan krom, lampu kabut berbeda, dan pelek alloy 17 inci terlihat indah dengan desain berlian.



Interiornya akan dijumpai pedal alumunium, jok ada pemanas dibalut berbahan Alcantara R.S. LINE dengan jahitan benang merah, dan jahitan juga diterapkan di lingkar kemudi.

Adapun untuk Edition One yang merupakan pilihan paling sempurna. Khusus untuk versi sedan diberi badge berlian ganda lebih berbeda, rumah spion berwarna titanium grey dan pelek lebih spesifik berukuran 17 inci.

Sisi interior akan dijumpai detail alumunium, jok selain ada pemanas dan fungsi pijat juga untuk pengendara. Balutan kulit menjadi penting, termasuk lingkar kemudi dengan pemanas. Ada tambahan fitur berupa Blind Spot Detector, Rear Collision Detector, dan Easy Park Assist.



Versi sport New Megane tentunya lebih menggiurkan dengan pilihan R.S. dan R.S. Trophy. Disematkan mesin 1.8L direct injection turbo, mesin yang sama digunakan oleh Alpine A110.

Klaim tenaga New Megane R.S. bisa menyetuh 300 dk, performa yang digunakan oleh Megane R.S. Trophy generasi sebelumnya. Sedangkan untuk torsinya 420 Nm, ada tambahan 30 Nm.



Lincahnya New Megane R.S. ini sudah dikawal 4Control Sport, sehingga bisa menaklukkan tikungan ketika kecepatan melewati batas dan mobil masih bisa stabil. Layar terbaru R.S. Monitor bisa membaca berbagai parameter New Megane secara real time.

New Megane R.S. Trophy tak sembarangan dipakai di jalan raya, karena ini untuk sirkuit saja. Fiturnya sudah ada Torsen® limited-slip differential, membuatnya kian lincah saat masuk dan keluar tikungan. Perangkat suspensi juga berbeda, lebih kaku 25% dan bisa lebih 30%, serta anti-roll bar dengan 10% lebih kuat berbanding Megane R.S.

Baca juga: Ancaman Virus Corona akan Bunuh Pabrikan Renault

Nah, untuk mesin yang akrab untuk jalan raya dan juga lingkungan, New Megane ada tuga pilihan mesin bensin yakni TCe 115, TCe 140 dan TCe 160. Mesin dieselnya dCi 115. Pilihan transmisinya ada versi manual atau otomatis dan EDC dual clutch.



Setelah 10 tahun unggul dalam teknologi elektrifikasi mobil, Renault menyematkan teknologi terbaru E-TECH Plug-in Hybrid 160. Akan tersedia mulai dari Megane Estate. Kapasitas baterainya 9,8 kWh.



Megane E-TECH Plug-in Hybrid 160 banderolnya mencapai €38.500 atau setara Rp627 juta. Mobil ini bisa melaju 135 kpj dengan gunakan 100% energi listriknya saja. Jarak tempuh, cukup lumayan hingga 50 km. Ketika mulai melaju akan selalu andalkan motor listrik. Klaimnya, konsumsi bahan bakar bisa mencapai 77 kpl.