POPULAR STORIES

Renault Tunjukkan Mesin 1.3 Liter Berteknologi GT-R

Renault Tunjukkan Mesin 1.3 Liter Berteknologi GT-R Mesin baru Renault.(istimewa)

KabarOto.com - Renault memiliki mesin baru berbahan bakar minyak bumi 1.3 liter berteknologi injeksi langsung dengan turbo yang dikembangkan bersama Nissan dan Mercedes-benz.

Mesin Energy TCe 140 ini tersedia mulai tahun depan, yang diperuntukan bagi model Scenic dan Grand Scenic, tapi tak menutup kemungkinan digunakan pada produk Renault lainnya.

Baca Juga:

"Mesin bensin terbaru kami menggunakan semua keahlian insinyur Renault, aliansi dan partner kami Daimler. Mesin memenuhi kualitas standar, baik dari aliansi dan Daimler dengan pengetesan selama lebih dari 40.000 jam. Dibanding Energy TCe 130, mesin baru Energy TCe 140 mengasilkan tambahan torsi 35 Nm yang bisa dicapai di putaran mesin yang lebar, dari 1.500 rpm sampai 3.500 rpm," jelas Wakil Presiden Aliansi untuk Powertrain dan mobil listrik Phillipe Brunet pada situs resmi Renault.

Tenaga yang dihasilkan pun bervariasi, antara 115 hp sampai 160 hp dengan pilihan transmisi manual, atau transmisi otomatis EDC dual clutch.

kabarOto
EDC automatic gearbox Foto: Renault

Berkat teknologi yang dikembangkan aliansi ketiganya, mesin ini mengusung beberapa fitur baru seperti Bore Spray Coating, yaitu teknologi coating silinder yang diambil dari Nissan GT-R. Fitur itu memungkinkan mesin lebih baik dalam hal efisiensi karena bisa mengurangi friksi dan mengoptimalkan perpindahan panas.

Renault mengklaim mesin ini tak hanya menawarkan torsi besar pada rpm rendah, namun juga torsi yang lebih stabil pada rpm tinggi.

Meski begitu faktor kenyamanan masih menjadi yang utama. Renault mengatakan mesin lebih responsif sehingga lebih enak untuk diajak bermanuver.