POPULAR STORIES

Resmi! Hairpin Philip Island Berubah Nama Menjadi Miller Corner

Resmi! Hairpin Philip Island Berubah Nama Menjadi Miller Corner Jack Miller di Tikungan 4 'Hairpin' (foto : MotoGP)

KabarOto.com – Hairpin Sirkuit Philip Island yang terkenal kini resmi berganti nama menjadi Miller Corner untuk menghormati jagoan Australia di MotoGP.

Hairpin yang terletak di tikungan 4 merupakan titik paling lambat dari layout Sirkuit Philind Island yang cepat dan mengalir. Tikungan ini sudah lama dikenal dengan sebutan Honda Corner.

Baca juga: Profil Jack Miller, Pembalap MotoGP Yang Butuh Konsistensi Kemenangan

Pergantian nama tersebut merupakan bentuk penghormatan untuk pembalap tuan rumah sekaligus pemenang empat balapan musim ini, Jack Miller (Ducati Lenovo). Nama baru itu diresmikan dalam seremoni khusus menjelang sesi kualifikasi GP Australia, Sabtu (15/10). Andrew Westacott selaku CEO Australian Grand Prix Association yang memberikan penghargaan ini karena dianggap pantas untuk mendapatkan penghormatan tersebut.

“Ini kehormatan yang luar biasa. Memiliki sesuatu yang dinamai dengan nama sebagai refrensi adalah hal yang istimewa. Dan Miller pantas mendapatkan itu. Dia telah meraih empat kemenangan balapan selama musim ini dan cocok menjadi duta yang hebat untuk Australia,” ungkap Andrew Westacott.

Pembalap bernomor 43 itu juga menambahkan bahwa hairpin Philip Island merupakan sudut yang pas untuk menyandang namannya. Mengingat beberapa pembalap telah ia salip di tikungan tersebut, terutama saat meraih kemenangan di Moto3 2014.

Baca juga: Hasil Kualifikasi MotoGP Australia 2022: Jorge Martin Raih Pole Position, Marc Marquez Kedua

“Bisa kembali kemari (Philip Island) merupakan kehormatan tersendiri. Rasanya luar biasa, saya bahkan tidak dapat menggambarkan perjalanan yang telah saya lalui. Saya sangat beruntung dapat balapan di MotoGP. Saya sangat cinta olahraga ini, dan terima kasih kepada semua orang yang telah mendukung saya,” ungkap Jack Miller.

Selain Miller, ada beberapa pembalap lainnya yang menjadi nama di Sirkuit dengan panjang 4,4 km. Beberapa pembalap legendaris lainnya seperti Casey Stoner, Mick Doohan, dan Wayne Gardner.

Nama Gardner diabadikan di sektor lurus pertama dengan Gardner Staright. Lalu, tikungan cepat pertama dikenal dengan Doohan Corner, merujuk pada peraih lima gelar juara dunia kelas premier, Mick Doohan. Adapun, Tikungan ketiga yang dikuasai oleh Casey Stoner yang disebut sebagai Stoner Corner.