POPULAR STORIES

Resmi Jadi Presiden AS, Joe Biden Gunakan Mobil Dinas “The Beast”

Resmi Jadi Presiden AS, Joe Biden Gunakan Mobil Dinas “The Beast”

KabarOto.com – Setelah menjalani pelantikan di gedung Putih, di Washington DC, Rabu 20 Januari 2021, Joe Biden telah resmi menjadi Presiden Amerika Serikat ke-46.

Seperti Presiden Amerika Serikat sebelumnya, Biden berhak menggunakan fasilitas mobil dinas Kepresidenan yang dijuluki “The Beast” untuk melakukan kegiatan Kepresidenannya. Tapi, unit limusin Cadillac ini bukan model terbaru.

Limusin Cadillac “The Beast” merupakan warisan dari masa pemerintahan Donald Trumph. Kendaraan dinas ini merupakan truk lapis baja yang sangat kuat, meskipun wujudnya adalah sebuah sedan.

Dibangun di atas platform truk Heavy Duty GMC TopKick, yang bobotnya konon menyentuh angka 9 ton.

Baca Juga : Mobil Dinas Wakil Presiden Mogok Kehabisan Bensin, Ini Penyebabnya

Mobil dinas kepresidenan Amerika Serikat ini merupakan produk General Motors yang dikirimkan ke Agen Rahasia Amerika Serikat menjelang akhir 2018. Meskipun tidak berubah dari segi tampilan, mobil ini dibekali perlindungan maksimal untuk menjaga Presiden.

Hasilnya, mobil ini diklaim kebal peluru. Bahkan, bagian kacanya memiliki ketebalan 5 inci dan terbuat dari material polikarbonat yang mampu menahan serangan tembakan dan ledakan.

Baca Juga : Cek Persiapan New Normal, Presiden Jokowi Naik Mobil Baru Ke Bekasi?

Bukan hanya itu, sebagai perlindungan bodi mobil dibuat dari baja setebal 8 inci yang sanggup menahan serangan peluru. Keempat rodanya terlindungi oleh Kevlar yang kebal dari benda tajam. Dalam kondisi karet ban bocor, mobil ini diklaim tetap bisa melaju.

Selain bisa menahan berbagai serangan peluru dan ledakan, “The Beast” juga bisa melindungi dari senjata kimia. Sebagai pelengkap, mobil ini juga dibekali senapan, peluncur gas air mata, kacamata night vision, pasokan oksigen, dan peralatan pemadam kebakaran.

Sebagai informasi, Beast pertama digunakan pada pemerintahan Barack Obama pada 2009 silam. Secret Service, Pasukan Pengawal Presidenan Amerika Serikat sangat tertutup terkait spesifikasi mobil ini, apalagi menyangkut interior.