POPULAR STORIES

Resmi! Yamaha Tidak Cari Pengganti Rossi Untuk MotoGP Teruel 2020

Resmi! Yamaha Tidak Cari Pengganti Rossi untuk MotoGP Teruel 2020

KabarOto.com – Tim Yamaha secara resmi tidak mengganti Valentino Rossi dengan pembalap lain untuk MotoGP Teruel, akhir pekan (25/10) mendatang.

Rossi absen dari perlombaan setelah dinyatakan positif Covid-19 pada Kamis (15/10) lalu. Dan kabar terbaru, Rossi bakal absen di MotoGP Teruel 2020 yang akan berlangsung di Sirkuit Motorland Aragon, Spanyol.

“Monster Energy Yamaha telah memutuskan tidak mencari pembalap pengganti Valentino Rossi di MotoGP Teruel,” ungkap peryataan resmi Yamaha.

Baca Juga : Hasil MotoGP Aragon 2020: Joan Mir Kini Pegang Titel Juara Dunia

Pihak tim tidak bisa membawa Rossi kembali balapan karena peraturan baru dari Pemerintah Italia perihal penanggulangan pandemik Covid-19. Keputusan dari Pemerintah Italia pada 13 Oktober lalu, mewajibkan semua pasien Covid-19 isolasi mandiri selama 10 hari setelah tes dilakukan.

Sebelum beraktivitas kembali, Rossi harus melakukan tes PCR lagi dan dinyatakan negatif. Sementara, keputusan soal tidak mencari pengganti Rossi dilakukan untuk mengurangi tingkat stres anggota tim Yamaha di tengah pandemik Covid-19.

“Sebelum kembali menjalani aktivitas normal, Rossi perlu menjalani tes PCR lanjutan dan mendaftarkan hasil yang negatif,” tulis tim Yamaha.

Keputusan ini diambil Yamaha karena peraturan regulasi FIM World Championship Grand Prix pasal 1.11.3.ii yang menyatakan “Setiap tim harus melakukan segala upaya yang wajar untuk meyediakan pembalap pengganti yang memenuhi kualifikasi kewajiban 10 hari setelah penarikan.”

Baca Juga : New Eclipse Cross Alami Penyegaran, Kini Hadir Varian PHEV

Pihak Yamaha telah secara resmi melakukan komunikasi dengan IRTA pada (16/10) lalu, yang berarti batas waktu 10 hari akan tercapai pada (26/10) mendatang alias satu hari usai balapan MotoGP Teruel 2020. Dengan ini Yamaha tidak harus mencari pengganti Rossi untuk GP Teruel mendatang. Jika Rossi sudah pulih dari Covid-19, maka ia akan kembali tampil pada MotoGP Eropa di Valencia.

Pihak Yamaha juga menegaskan, waktu paling awal untuk Rossi kembali tampil pada MotoGP adalah saat GP Eropa yang digelar di Sirkuit Ricardo Tormo, Valencia pada 6-8 November.