Resmikan IIMS 2018, Jokowi Bicara Seputar Mobil Listrik

Resmikan IIMS 2018, Jokowi Bicara Seputar Mobil Listrik Presiden Joko Widodo resmikan IIMS 2018

KabarOto.com - Perhelatan akbar Indonesia International Motor Show (IIMS) resmi mulai digelar hari ini (19/4/2018) di JIExpo, Kemayoran, Jakarta. Spesial di tahun ini, IIMS diresmikan langsung oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) bersama dengan Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto, dan juga Seskab Pramono Anung.

Jokowi menjelaskan, industri otomotif ke depannya dapat berkembang pesat di era Industri 4.0. Meskipun akan ada gelojak pada saat di era transisi kendaraan listrik. Serta pesatnya perkembangan teknologi. Namun seiring dengan itu ia menyakini akan ada peluang baru dalam industri otomotif.

Baca juga: Toyota Tampilkan 13 Produk di IIMS 2018

"Kita perlu untuk melek, tahu, benar-benar mengikuti, benar-benar mendalami secara cepat dan mempersiapkan secara cepat. Saya optimistis dengan bakat yang kita punya, yang dimiliki Indonesia di sektor otomotif, saya yakin kita bisa garap peluang yang ada," ungkap Jokowi.

Jokowi pun memaparkan sejumlah prediksi mengenai industri otomotif dengan hadirnya kendaraan listrik. Di era itu, ada pihak yang memprediksi bahwa industri otomotif akan menciut sebesar 90 persen.

Jokowi saat berkeliling area IIMS 2018
Caption

Sebab, kendaraan listrik hanya menggendong komponen yang sedikit dan kendaraan tersebut jarang mogok. Dengan begitu, pada sektor perbengkelan maka akan mengalami penurunan. "Itu prediksi-prediksi yang saya nggak percaya khususnya yang pesimis-pesimis," ujar Jokowi.

Sekadar informasi, di ajang IIMS 2018 beberapa pabrikan baik roda dua maupun empat turut memeriahkan ajang ini seperti Audi, BMW, Chevrolet, Datsun, DFSK, Honda, Hyundai, Mazda, Mercedes-Benz, Mini, Mitsubishi, Nissan, Suzuki, Toyota, Volkswagen dan Wuling.

Sementara dari roda dua ada Honda, BMW Motorrad, Benelli, Gas Gas, Harley-Davidson, Husqvarna, Kawasaki, KTM, Kymco, Motoguzzi, Piaggio, Royal Enfield, Suzuki, Triumph dan Vespa.

Dijadwalkan sejumlah mobil baru akan meluncur memanfaatkan momen IIMS 2018. Bahkan ada satu diantaranya akan world premier pada IIMS tahun ini.

Area pameran IIMS 2018
Area pameran di IIMS 2018

Bukan hanya dari agen pemegang merek resmi, importir umum (IU) juga turut meramaikan IIMS 2018. Ada tiga IU yang turut berpartisipasi yang antara lain Glamour, Ivan's Motor dan Prestige. Para importir tersebut diketahui akan memboyong sederet mobil eksotis seperti Bugatti Veyron, Lamborghini 729 Desfort Roadster Anniversario, McLaren 570S Spider, Aston Martin DB11 dan mobil listrik Tesla S100.

Selain itu, ajang IIMS 2018 pun turut menyajikan beragam festival menarik mulai dari Electric Car Festival, Innovative & Creative Automotive Society (INCREASE) yang menaungi builder dan merek otomotif lokal, aksi monster truck El Toro Loco impor dari Amerika Serikat, kontes modifikasi dan audio, kontes dan akademi drift dari Intersport dan beragam keseruan lainnya.

Tidak hanya seputar dunia otomotif, pengunjung IIMS 2018 bisa sekalian menyambangi REI Mega Expo (pameran properti) dan Indie Clothing Expo (ICE) yang berlokasi di Gambir Expo Kemayoran secara gratis, dengan syarat sudah memiliki tiket IIMS pastinya.