POPULAR STORIES

Ribuan Pecinta Volkswagen, Ramaikan Jambore Nasional Di Cibubur

Ribuan Pecinta Volkswagen, Ramaikan Jambore Nasional di Cibubur VW New Beetle di acara Janmas (KO/Edo)

KabarOto.com - Volkswagen Indonesia Association (VIA) sebagai organisasi yang menaungi klub, komunitas dan privater pecinta Volkswagen klasik di Indonesia, sukses menggelar Jambore Nasional (Jamnas) pada tanggal 27-29 September 2019.

Volkswagen dari berbagai jenis turut serta hingga mencapai ribuan

KomJen Pol. (Purn). Drs. Nanan Soekarna, Ketua Umum Volkswagen Indonesia Asosiasi (VIA) mengatakan, bahwa acara yang digelar di Bumi Perkemahan - Buperta Cibubur, Jakarta Timur itu, mendapat kunjungan dari ribuan pecinta mobil asal Jerman tersebut.

Baca Juga: Menikmati Karya Akira Nakai Pada Porsche RWB 08

"Hingga sore ini, (29/09) total data kendaraan yang ikut Jambore, yang masuk ke saya berjumlah 1.465 VW (Volkswagen). Jumlah itu terdiri dari segala jenis dan tahun pembuatan mobil VW. Bila jumlah kendaraan dikalikan dua saja, total pengunjung yang hadir lebih dari 3.000 orang," ujar Nanan saat seremoni penutupan acara.

Dimeriahkan oleh ribuan pengunjung

Lebih lanjut pria yang pernah menjabat sebagai Wakaporli tersebut menjelaskan, acara Jambore Nasional VW ke-50 ini menekankan pada penyelenggaraan yang inklusif, horisontal, dan sosial.

"Jambore Nasional VW ke-50 ini kami sengaja tekankan pada penyelenggara agar tidak hanya diikuti dan dinikmati komunitas VW saja, tapi juga dihadiri oleh berbagai komunitas mobil klasik dan motor lainnya. Semuanya harus guyub penuh kekeluargaan, gotong royong, solidaritas tinggi, dan penuh keakraban," tuturnya.

Bursa lapak menjadi favorit pengunjung

Menurut pantauan KabarOto, pada gelaran Jambore kali ini terlihat seru. Di beberapa sudut di Bumi Perkemahan Cibubur, terdapat beberapa anggota komunitas VW yang mendirikan tenda sebagai tempat menginap.

Mendirikan tenda selama acara Jamnas

Memasuki area acara pun pengujung langsung disuguhi beragam mobil VW, mulai tahun 50an hingga 2000an. Tak hanya VW, di area lain juga terdapat beberapa mobil klasik dari komunitas undangan. Sebut saja MINI, Mercedes-Benz, hingga Willys.

Baca Juga: Menolak Punah, VW Kodok Ini Gunakan Motor Listrik

"Jamnas ke-50 ini bukan hanya sebagai ajang kumpul pada VW-ers saja, tapi juga bagi seluruh pecinta dunia klasik dan antik, baik itu mobil, motor, dan komunitas hobi lainnya. Juga tentunya mangajak kaum milenial untuk lebih mencintai mobil dan motor klasik," pungkas Nanan.