POPULAR STORIES

Menikmati Karya Akira Nakai Pada Porsche RWB 08

Menikmati Karya Akira Nakai Pada Porsche RWB 08 Porsche RWB 08 (KO/Edo)

KabarOto.com - Rauh Welt Begriff (RWB) pastinya sebuah nama yang sudah tidak asing lagi di kalangan car enthusiast dunia, termasuk di Indonesia. Rumah modifikasi dibangun seorang pria asal Jepang, Akira Nakai tersebut, memiliki hasil garapan yang khas.

Spesialisasinya memang menggarap mobil-mobil buatan Porsche, khususnya berjenis klasik. Melalui tangan pria berambut panjang itu, Porsche tua diubah tampilannya menjadi lebih sporty dan 'berotot'.

Baca Juga: Galery Porsche 993 RWB 007

Salah satu pria yang mengagumi karyanya adalah Felix Lesmana. Pria asal Indonesia ini merelakan sebuah mobil Porsche 993 buatan tahun 1998 miliknya, untuk dirubah menjadi sebuah karya seni melalui tangan terampil Nakai San. Berikut obrolan KabarOto bersama Felix:

kalau boleh tahu, apa saja yang diubah pada Porsche milik anda?

"Karena menggunakan RWB, dalam packagenya pasti ada pemasangan bodi kit dan pelek. Untuk pelek RWB biasanya menggunakan Work Meister seperti yang saya gunakan sekarang.

RWB ke-8 di Indonesia, dan Ke-2 di Jakarta

Meski begitu, bila selera pemilik mobil tidak terlalu suka dengan model Work Meister, kita bisa menggunakan pelek dari merek lain".

Apa yang membedakan RWB 08 dengan RWB lain di Indonesia?

"kalau dibandingkan dengan RWB 02 yang di Bandung, ia menggunakan bumper depan race version. Beda dengan 08 yang menggunakan street version, bisa dilihat dengan adanya foglamp. Selain itu bila dibandingkan dengan RWB 07, fender belakangnya tidak terlalu lebar.".

Bumper street version

Kenapa memilih RWB?

"kebetulan main mobil modifikasi udah lumayan dari lama, cuma sempet vakum. Terus saya pikir, karena sudah mendarah daging, ada aja yang ingin diutak atik. Akhirnya dipilihlah RWB, dipikir-pikir bagus juga.

Interior bernuansa sporty

kebetulan kalau sudah masuk RWB family, itu asik dan seru. Jadi kita terhubung dengan pemilik RWB lain di dunia yang jumlahnya kurang lebih 300-an mobil. Link komunitasnya nyambung semua. Jadi connected sama RWB Asia, Asia Tenggara, Eropa, Amerika semua masuk".

Proses pengerjaannya berapa lama?

"Pengerjaan sih gak terlalu lama, kurang lebih 3 hari 2 malam. Nakai San datang Jumat pagi, lalu siap-siap sampai jam 12 malam. Hari Sabtu jam 10 pagi langsung kerja sampai jam 9 malam.

Pelek WM SP1 dengan lebar 13 inci

Kondisinya saat itu kurang lebih sudah 85 persen selesai. Pada hari kedua di Minggu, dia kerja lagi sampai malam, besok pagi Seninnya sudah pulang".

Jadi sebelum pasang sudah pesan dulu?

"Betul, kita tunggu slot nya selama 6 bulan keatas. Jadi kalau hari ini bayar bodikit sama peleknya, kita ga tau dapat urutan nomer berapa di dunia itu. Tunggu antrian biasanya kalo gak ada kendala di pusat sana, gak sampai 9 bulan bodi kit sudah sampai Jakarta".

Jok Recaro SPG yang ditrim ulang

Gak bosen nunggu selama itu?

"Nah, selama nunggu bodi kit, saya bisa kerjain yang lain. Kalau saya kan melakukan restorasi dari bawah keatas, jadi sembari nunggu saya modifikasi yang lain. Seperti kaki-kaki, mesin, interior, serta pengecatan".

Pengerjaan rapih dan detail

Agak kepo dikit nih, boleh tahu berapa dana yang dikeluarkan untuk mendatangkan Nakai San?

"Kalo di website, bodi kitnya seharga $ 23 ribu US sama pelek. Jadi kalau ditotal sekitar Rp 400 jutaan. Itu udah termasuk dia datang sampai Jakarta dan pemasangan".

Baca Juga: Dari Mercedes-Benz 600 Pullman Hingga Range Rover, Ini Dia Koleksi Mobil Langka BJ Habibie

Sudah puas dengan hasilnya?

"Pastinya iya, karena sesuai dengan apa yang saya mau, karena bisa tampil beda dengan RWB lain. Pemilihan warnanya juga cukup krusial, sebab warnanya gak terlalu stand out. Inspirasinya dari warna Nardo Grey milik audi. Sudah sekitar 2-3 tahun ini, warna tersebut memang lagi 'in' di porsche".

"Karya seni" yang ekslusif

Data Spesifikasi

- Pelek Work Meister SP 1 ukuran 18x10,5 di depan, dan 18x13 di belakang
- Ban Pirelli P Zero 265/35 R 18 (depan), Pirelli P Zero 335/30 R18 (belakang)
- Suspensi Bilstein PSS10 Coilover
- Exhaust Fab Speed
- Jok Recaro SPG
- Engine standard full restored

Berita Terkait

Berita Terkait