Ribuan Unit Mobil Mazda Kena "Recall" Di Tiongkok

Ribuan Unit Mobil Mazda Kena "Recall" di Tiongkok

KabarOto.com – Chongqing Changan Automobile Co., Ltd. bersama Mazda Motor mengumumkan secara resmi melakukan penarikan kembali (recall) untuk produk Mazda yang dipasarkan di Tiongkok.

Secara keseluruhan, Changan Mazda akan menarik 29.134 unit kendaraan karena bermasalah pada bagian pompa bahan bakar yang mengalami kerusakan. Demikian dalam laporan badan pengawas di negara tersebut.

Melansir situs resmi State Administration for Market Regulation melaporkan ada dua model yang mengalami kerusakan, yaitu Mazda3 Axela produksi 13 September 2018 hingga 30 Agustus 2019 sebanyak 26.444 unit dan Mazda CX-8 produksi 14 Oktober 2018 hingga 15 Mei 2020.

Baca Juga : Cara Anggota AISI Bertahan Di Tengah Pandemik Covid-19

Mazda sendiri dikabarkan berencana akan memulai perbaikan pada 30 Oktober mendatang secra gratis. Demikian menurut laporan Kantor Berita Xinhua, Senin (21/09).

Mazda menghimbau bagi pemilik kendaraan untuk melakukan pendaftaran dan pengecekan apakah kendaraannya harus melakukan perbaikan. Jika dibiarkan, pompa bahan bakar yang bermasalah bisa menjadi penyebab kerusakan mesin secara mendadak dan beresiko pada keselamatan berkendara.

Sebelumnya, Mazda juga melakukan penarikan Mazda3 secara global karena permasalahan pada sistem pengereman otomatis. Kerusakan tersebut bisa menyebabkan mobil berhenti secara mendadak.

Sebanyak 35.390 unit Mazda3 produksi 2019-2020 terpaksa dipanggil kembali, untuk melakukan perbaikan. Menurut produsen asal Jepang tersebut, aktivasi sistem pengerema darurat otomatis Smart Braking System bisa terjadi secara tiba-tiba.