POPULAR STORIES

Rifat Sungkar: Kelas Baru Kejurnas Rally 2019 Siap Bakar Gairah Pereli

Rifat Sungkar: Kelas Baru Kejurnas Rally 2019 Siap Bakar Gairah Pereli Foto: Kipli

KabarOto.com - Menjelang digelarnya Kejurnas Rally dan Sprint Rally 2019, Rifat Sungkar selaku Ketua Komisi Reli dan Sprint Reli membeberkan beberapa hal baru terkait Kejurnas Rally dan Sprint Rally 2019 yang berkompeten untuk membangkitkan gairah para pecinta reli Tanah Air.

Salah satu yang hal penting yang disampaikan Rifat adalah mengenai regulasi kelas F1, yang merupakan kelas dengan spesifikasi mobil dalam atau luar negeri, berpenggerak roda dua, dan memiliki kapasitas mesin maksimal mencapai 1.500 cc.

Rifat mengatakan, “Masalah regulasi khususnya kelas F1 bisa dibilang akan menjadi primadona karena diperuntukkan mobil-mobil keluaran baru yang beredar di pasaran saat ini. Selain itu, kelas F1 ini dapat merangkul komunitas reli dari generasi yang muda.”

Mobil-mobil yang dapat ikut di kelas F1 ini, dibagi antara mobil produksi tahun 1997 ke bawah serta mobil produksi tahun 1997 ke atas.

Baca Juga: Ini Regulasi Baru Kelas F1 Di Kejurnas Sprint Rally 2019

“Tujuannya adalah karena kami di komunitas rally dan sprint rally ingin merangkul sebanyak-banyaknya peserta. Mereka yang memiliki mobil lawas bisa ikut, mereka yang memiliki mobil masa kini juga dapat ikut terjun langsung merasakan serunya kompetisi rally,” imbuh Rifat.

Rifat menambahkan jika alasan pemilihan tahun 1997 sebagai batas pembagian adalah karena momentum perubahan pesat teknologi pada kendaraan paling banyak terjadi di era 90-an akhir. Untuk mobil-mobil yang diproduksi di bawah tahun 1997, dengan teknologi yang masih lama, komisi reli membebaskan modifikasi dengan memberikan penyesuaian yang lebih ringan.

Adapun mobil-mobil yang masuk ke dalam kategori kelas F1, yaitu: Hyundai i20, Honda Jazz, Suzuki Swift, Daihatsu Sirion, Mazda 2, VW Polo, Kia Rio, Chevrolet Spark, Toyota Yaris, Toyota Agya, Daihatsu Ayla, Honda Brio, Nissan March, dan Mitsubishi Mirage.