Rilis Replika R/C Suzuki Jimny, Langkah Awal Xiaomi Produksi Mobil Sungguhan?

Rilis Replika R/C Suzuki Jimny, Langkah Awal Xiaomi Produksi Mobil Sungguhan? Foto: istimewa

KabarOto.com – Xiaomi terus melebarkan sayap dengan meluncurkan produk-produk diluar segmen smartphone. Setelah meluncurkan produk peralatan rumah tangga dan sepeda listrik, produsen elektronik asal Tiongkok ini merilis teaser sebuah SUV berbentuk kotak.

Bukan mobil transportasi biasa, melainkan sebuah mainan R/C Suzuki Jimny berskala 1:16 yang dibanderol 199 Yuan atau setara Rp 400 ribuan.

Foto: istimewa
Foto: istimewa

Baca Juga : Juragan Kymco, Tempat Pilihan Modifikasi Motor Taiwan

Meskipun baru meluncurkan versi mainan kendaraan roda empat, bukan tidak mungkin Xiaomi akan membuat mobil sungguhan di masa depan. Bukan tanpa alasan, langkah mereka beberapa kali mengarah gagasan membuat mobil sungguhan. Melansir dari South China Morning Post, Xiaomi dilaporkan mungkin menjual mobil elektrik di India pada 2017. Namun, langkah tersebut dibantah dengan pernyataan tidak ada mobil untuk diproduksi.

Berlanjut pada tahun lalu, Xiaomi menjalin kerjasama dengan FAW untuk menyempurnakan Bestune T77 yang di dalamnya ada fitur asistensi virtual Xiao Al yang merupakan fitur voice command buatan Xiaomi. Bahkan Xiaomi telah mendaftarkan merek dagang “Xiaomi car alliance” di Tiongkok. Meskipun masih misteri apakah Xiaomi akan memproduksi mobil, minimal eksistensinya bisa menghasilkan fitur ekstra dalam berkendara seperti Apple yang memperkenalkan CarKey.

Foto: istimewa

Xiaomi terlihat berhasil membuat replika Suzuki Jimny berukuran 16 kali lebih kecil dari versi aslinya.
Selain realistis, proporsi bodi terlihat pas dan menggambarkan secara detail Jimny Sierra yang bertubuh besar dengan baik. Bentuk bumper, over fender, dan setail lampu sein sangat mirip dengan versi aslinya. Bukan hanya itu, pelek standar Jimny ini dibalut ban bertapak kasar khas off-road.

Diluncurkan dalam boks tanpa perangkat kontrol bawaan. Tidak seperti paket R/C lainnya yang harus membeli komponen terpisah baru bisa dimainkan. Replika Suzuki Jimny ini bisa dikendalikan melalui smartphone via Bluetooth dan aplikasi khusus.

Sesuai dengan habitatnya, Xiaomi membekali R/C Suzuki Jimny dengan dinamo sebagai penggerak yang disalurkan ke empat roda lewat dua gardan rigid untuk mendukung kapabilitas off-road. Replika R/C Suzuki Jimny dibangun dari 200 komponen terpisah. Kabarnya, akan tersedia juga komponen untuk memodifikasi.