POPULAR STORIES

Road Safety Association (RSA) Indonesia Ajukan 5 Permintaan Ini Ke Pemerintah RI

Road Safety Association (RSA) Indonesia Ajukan 5 Permintaan Ini ke Pemerintah RI 5 Permintaan RSA ini dilayangkan ke pemerintah RI (Kipli)

KabarOto.com - Road Safety Association (RSA) Indonesia sebagai anggota dari Global Alliance of NGO'S For Road Safety (Aliansi Global LSM Untuk Keselamatan Jalan), melaksanakan Pekan Keselamatan Jalan Sedunia (UN Global Road Safety Week/UNGRSW) yang dicanangkan Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) sejak 7 tahun yang lalu.

Tidak hanya di Indonesia, aksi ini juga digelar oleh negara-negara sedunia anggota Aliansi Global LSM Untuk Keselamatan Jalan. Dalam gelaran tahun 2023, RSA Indonesia menggandeng komunitas Bike To Work Indonesia (B2W Indonesia), sebagai perwakilan pesepeda harian dan Koalisi Pejalan Kaki (KoPeKa) mewakili komunitas pejalan kaki.

Baca Juga: Sinergi Wuling Dan Jasa Raharja Bersama Road Safety Association Tekan Angka Kecelakaan Di Indonesia

Tema UNGRSW tahun ini adalah #ReThinkMobility yang bermakna aksi untuk melindungi seluruh pengguna jalan, terutama melindungi pengguna jalan paling rentan yaitu pejalan kaki dan pesepeda.

Adapun aksi kali ini, ketiga entitas tersebut melakukan edukasi dan kampanye terkait kegiatan global ini. Di Indonesia, mereka meminta Pemerintah RI untuk segera melaksanakan:

1. Pemasangan Rambu 30 Kpj sesuai dengan amanat Permenhub No 111 Tahun 2015.
2. Penurunan batas kecepatan kendaraan bermotor di wilayah yang banyak pejalan kaki dan pesepeda.
3. Prioritaskan membuat "traffic calming" di wilayah sekolah.
4. Revitalisasi dan peningkatan kualitas seluruh trotoar di Indonesia.
5. Menjaga kualitas helm yang dijual di pasaran, dan melakukan penindakan atas penjualan helm yang tidak memenuhi SNI.

Rencananya, tiga komunitas ini akan mengundang Duta Besar Prancis, menjadi narasumber talkshow. Mereka beranggapan Pemerintah Prancis berhasil mengajak warganya melakukan mobilitas dengan bersepeda, berjalan kaki dan menggunakan transportasi publik. Talk show ini dilaksanakan pada Minggu, 21 Mei 2023 di area Car Free Day (CFD) DKI Jakarta.

Baca Juga: Begini Cara Berkendara Sepeda Motor Yang Benar Ala Instruktur Safety Riding

Adapun rangkaian kegiatan UNGRSW 2023 ini dimulai pada Senin 15 Mei 2023 dengan acara "Kick Off Event" yang digelar daring melalui akun Youtube Koalisi Pejalan Kaki.

Selama sepekan, ketiga entitas ini menggelar beberapa aksi diantaranya, penyebaran brosur/flyer di beberapa lokasi di Jakarta, talkshow di area CFD, dan seremonial pemasangan rambu 30 Kmpj di wilayah pemukiman.