Rockford Fosgate Jadi Andalan Di Kabin Mobil Mitsubishi

  Rockford Fosgate jadi Andalan di Kabin Mobil Mitsubishi

KabarOto.com - Sistem audio menjadi salah satu fasilitas yang membuat perjalanan di kabin mobil menjadi lebih menyenangkan, dengan lantunan suara merdu dan bertenaga membuat suasana kabin jadi meriah.

Ini yang dilakukan oleh pabrikan mobil asal Jepang di Indonesia, yakni Mitsubishi. Menyiapkan sebuah paket khusus audio lansiran Rockford Fosgate langsung dilabelkan pada mobil yang di pasarkan, yakni Mitsubishi Xpander Cross RF Black Edition dan Pajero Sport Rockford Fosgate Edition.

Sebagai informasi, untuk Xpander Cross RF Black Edition dipasarkan Rp 308,5 juta. Sedangkan Pajero Sport Rockford Fosgate Edition dibanderol Rp 610,7 juta untuk Dakar Ultimate dan Rp 569,5 juta untuk Dakar. Harga-harga tadi merupakan acuan on the road wilayah DKI Jakarta.

Baca juga: Ini Detail Mitsubishi Xpander Cross Rockford Fosgate Black Edition

Mitsubishi Xpander Cross RF Black Edition

Untuk diketahui, Rockford Foasgate merupakan merek audio terkemuka asal Amerika Serikat. Penemunya adalah James M. Fosgate yang lahir pada 1945 di Indianapolis, Amerika Serikat. Ia menemukan amplifier mobil pertama pada 1973 dan kemudian mendirikan Fosgate Electronics yang kini dikenal sebagai Rockford Foasgate.

Rockford Fosgate menjelma menjadi raksasa audio dari Amerika Serikat, memproduksi perangkat audio mulai dari amplifier, subwoofer hingga speaker. Beberapa kali selalu ikut ambil bagian pada kejuaraan kontes audio di Amerika Serikat baik Sound Pressure Level (SPL) dan Sound Quality (SQ) pada era tahun 1990-an.

Inilah yang menjadikan alasan pihak Mitsubishi di Indonesia, untuk menyematkannya di kabin Xpander Cross dan Pajero Sport yang dibuat dalam edisi khusus.

"Ke depan kami akan terus melakukan pengembangan dan penyegaran produk sesuai dengan keinginan dan kebutuhan masyarakat sebagai komitmen Mitsubishi Motors untuk menyediakan produk dan layanan terbaik secara berkelanjutan,” ungkap Naoya Nakamura, President Director PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia
(MMKSI).

Sistem audio Rockford Foasget di Mitsubishi Pajero Sport Rockford Fosgate Edition

Baca juga: Mitsubishi Pajero Sport Rockford Fosgate Black Edition Masih Tersedia, Minat?

Rockford Fosgate melengkapi bagian kabin Mitsubishi Pajero Sport Rockford Fosgate Edition, menyematkan speaker depan bagian tweeter-mid range pada pilar kaca depan dan woofer di door trim pintu depan yang menganut sistem 2 way. Begitu juga dengan bagian baris kedua, dengan tweeter ditempatkan pada bagian door trim pintu di atas dan woofer di bawahnya.

Untuk menghasilkan kualitas suara bass yang lebih berbobot dan kuat. Pada Pajero Sport ditambahkan sebuah subwoofer yang ditempatkan di pojok kanan bagasi. Subwoofer tersebut tertanam dalam sebuah boks, dengan ukuran yang telah ditentukan untuk memberikan kinerja maksimal subwoofer Rockford Fosgate.

Subwoofer di Mitsubishi Xpander Cross RF Black Edition

Sedangkan pada Mitsubishi Xpander Cross RF Black Edition, yang lebih banyak disoroti adalah pada bagian subwoofer. Penambahan unit speaker yang menghantarkan nada dengan frekuensi rendah ini, bertujuan untuk memaksimalkan dan menonjolkan hentakan suara bass. Penempatannya di pojokan kanan bagasi mobil, sama halnya pada Pajero Sport, menggunakan sebuah boks yang ukuran sudah diperhitungkan.

Keberadaan sistem audio pada Mitsubishi Xpander Cross RF Black Edition dan Pajero Sport Rockford Fosgate Edition, memberikan sensasi berkendara berbeda. Suara audio dengan kualitas yang jernih dan memiliki hentakan bass menjadi kelebihan pada mobil-mobil Mitsubishi dengan label Rockford Fosgate.

Tidak hanya Rockford Fosgate sebagai merek audio hadir di mobil yang di niagakan, merek lain di Indonesia juga ada seperti JBL di mobil Honda dan sempat ada merek Focal di Toyota Alphard beberapa tahun yang lalu.