POPULAR STORIES

Royal Enfield Luncurkan Himalayan Bulan Depan

Royal Enfield Luncurkan Himalayan Bulan Depan Royal Enfield Himalayan (Royal Enfield)

KabarOto.com – Perkembangan market sepeda motor kelas adventure berkapasitas kecil di Indonesia, rasanya akan semakin ramai. Kawasaki Motor Indonesia lebih dulu memulai dengan meluncurkan Versys-X 250, kemudian disusul Astra Honda Motor meluncurkan CRF250L Rally.

Suzuki Indomobil Sales juga dikabarkan berniat mendatangkan V-Strom 250 ke Indonesia. Selain itu ada Viar Motor Indonesia yang juga ikut meramaikan dengan Vortex 250.

Rupanya pabrikan sepeda motor yang berbasis di India, Royal Enfield, juga tak mau ketinggalan untuk meramaikan market motor adventure kecil ini.

“Rencananya kami akan meluncurkan Himalayan pada saat Indonesia International Motor Show (IIMS) nanti,” ucap Bayu Indarto, Marketing Communication PT Distributor Motor Indonesia kepada KabarOto, Rabu (14/3/2018), seraya menambahkan, IIMS 2018 digelar mulai 19-29 April mendatang.

Himalayan sebenarnya sudah pernah diperkenalkan oleh DMI di Indonesia, tepatnya pada ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2016. Saat itu KabarOto sempat melihat sendiri, seperti apa sosok Himalayan secara langsung.

Baca juga: Flow, Skuter Listrik dengan Kecerdasan Buatan

Tampilan fisiknya memang mencuatkan aura motor petualang sejati, yang siap diajak berkeliling di berbagai jenis rintangan. Kabarnya DMI akan melepas Himalayan dengan harga sekitar Rp 90 jutaan.

Secara kapasitas mesin, Himalayan memang berada di atas Versys-X 250, CRF250L Rally, dan V-Strom 250. Motor ini menggunakan mesin sebesar 411 cc, 1-silinder, SOHC, 4-stroke, dan berpendingin udara yang dihubungkan dengan transmisi manual 5-percepatan.

Untuk sistem suplai bahan bakar, Himalayan sudah dilengkapi dengan injeksi. Tenaga yang dihasilkan sebenarnya tidak terlalu besar, hanya 24 dk di putaran mesin 6.500 rpm.

Namun, Himalayan memiliki torsi yang besarnya mencapai 32 Nm di putaran mesin 4.250 rpm. Torsi yang cukup besar itu menjadi keunggulan tersendiri bagi Himalayan, untuk menjinakkan kontur alam yang ekstrim.