Ruang Baca, Fasilitas Baru Pemkot Surabaya Untuk Calon Penumpang Bus

Ruang Baca, Fasilitas Baru Pemkot Surabaya untuk Calon Penumpang Bus Foto: Istimewa

KabarOto.com - Arek-arek Suroboyo sepertinya sekarang semakin antusias dengan adanya transportasi umum dari Pemerintah Kota seperti Suroboyo Bus. Transportasi ini sudah diresmikan sejak Maret 2018 lalu oleh Walikota Surabaya, Tri Rismaharani.

Bus rapid transit ini beroperasi mulai pukul 06.00 WIB hingga 22.00 WIB, dengan puluhan halte yang tersebar di kota Surabaya. Dengan dimensi bus berukuran lebar 2,4 meter dan panjang 12 meter, Suroboyo Bus mampu diisi 64 penumpang. Bahkan, kursinya memiliki dua warna berbeda loh.

Baca Juga: Pemkot Surabaya Tambah 10 Unit Suroboyo Bus, Bayar Ongkosnya Cukup Pakai Sampah!

Adanya perbedaan warna ini diperuntukan sebagai sarana untuk menghindari pelecehan seksual di dalam bus. Untuk warna merah muda digunakan penumpang perempuan yang ada di sisi depan bus. Sedangkan laki-laki duduk di bagian belakang dengan kursi berwarna jingga.

Nah, sebagai tambahan dari sisi keamanan, Suroboyo Bus juga dipasangi kamera CCTV sebanyak 12 buah. Hal ini dilakukan agar penumpang merasa aman dan nyaman selama menggunakan transportasi umum tersebut. Selain itu, di pintu bagian belakang dilengkapi dengan sensor.

Sensor ini akan membuat pintu tidak tertutup ketika ada penumpang yang berdiri didekatnya. Sehingga bus tidak akan berjalan hingga pintu benar-benar tertutup. Ada pun sistem antisipasi darurat yang dapat ditekan oleh pengemudi.

Apabila tombol tersebut ditekan merupakan pertanda adanya indikasi terjadi keadaan darurat seperti kebakaran atau kecelakaan. Setelah ditekan, pintu bus akan terbuka secara otomatis. Sehingga penumpang dapat segera menyelamatkan diri.

ruang

Penumpang dan calon penumpang tidak hanya memiliki fasilitas saat di dalam bus saja loh. Pada akhir 2018 lalu, Pemkot Surabaya sudah sempat mengumumkan wacana akan dibangunnya ruang baca di kantor Suroboyo Bus.

Akhirnya, pada 2019 ini calon penumpang dapat menikmati fasilitas tambahan di luar bus. Sembari menunggu kedatangan bus yang akan ditumpangi, calon penumpang bisa menghabiskan waktu dengan membaca. Di kantor Suroboyo Bus sudah dibangun ruang baca dengan kondisi layak.

Baca Juga: Bridgestone Resmikan Jaringan TOMO Ke-300 Di Surabaya

Ruang baca dengan luas 2,5 x 6 meter ini dilengkapi dengan AC serta tempat lesehan untuk membaca. Sehingga, calon penumpang tidak perlu lelah membaca sambil berdiri. Koleksi bukunya juga tidak main-main dengan jumlah kurang lebih 400 buku.

Bahkan, di ruang baca terdapat berbagai genre buku loh. Buku-buku ini merupakan dari Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Surabaya. Sejauh ini, masyarakat juga mengapresiasi dengan adanya fasilitas tersebut. Sekarang, menunggu bus jadi ada manfaatnya ya.