POPULAR STORIES

Saat Pandemik Covid-19, Di Daerah Ini Penjualan Mobil Justru Meningkat

Saat Pandemik Covid-19, di Daerah Ini Penjualan Mobil Justru Meningkat Daihatsu Ayla

KabarOto.com - Pandemik Covid-19 menurunkan penjualan otomotif, salah satunya mobil. Astra Daihatsu Motor (ADM) pun kesulitan untuk meyakinkan konsumen agar membeli mobil. Karena kebanyakan mereka menyimpan uang untuk kebutuhan lain yang dinilai lebih penting.

Group Astra ini pun memaparkan daerah-daerah yang penjualannya menurun akibat Pandemik Covid-19 ini. Area yang penjualannya menurun secara signifikan adalah Bali. ADM mencatat, penjualan per bulan dari Maret sampai November 2020 turun sampai 70%.

Baca Juga: Cara Daihatsu Pertahankan Market Share Jadi Nomor 2

"Bali turun, karena sektor pariwisata boleh dikatakan sekarat, selama pandemik," terang Hendrayadi Lastiyoso, Marketing & CR Division Head PT Astra Daihatsu Motor.

Hal itu membuat masyarakat tidak bisa membeli mobil baru di wilayah ini.

"Kalau dilihat Year to Year, tahun 2019 lalu di periode yang sama tidak ada penurunan," tambah Hendrayadi saat jumpa pers virtual, Kamis kemarin (17/12).

Daihatsu Sigra

Sementara itu, daerah lain yang terdampak dan penjualannya menurun adalah DKI 2. Wilayah ini mencakup Jakarta utara, Jakarta Timur, Bekasi, Cianjur, Karawang, Cikampek dan Sukabumi.

"Misalnya Bekasi, sebagaimana kita ketahui awal-awal area ini cukup parah kena Covid-19, sama dengan Jakarta," terangnya. Sehingga menurut dia, jika dihitung rata-rata penjualan cukup signifikan.

Daerah-daerah yang justru penjualan mobilnya meningkat berada di luar pulau Jawa, seperti wilyah Sumatera, Kalimantan dan juga Indonesia Timur. "Wilayah tersebut menjadi kontributor yang signifikan naik," terang Hendrayadi.

Baca Juga: Tiga Mobil Daihatsu Paling Laris Hingga November 2020

Daerah-daerah seperti yang disebutkan Hendrayadi dampak pandemiknya tidk sehebat di Bali dan juga di Jakarta. "Jawa Timur saja sebelumnya berkontribusi, saat ini kalah dengan Sumatera," paparnya.