POPULAR STORIES

Sah! F1 GP Turki Gantikan GP Kanada

Sah! F1 GP Turki Gantikan GP Kanada

KabarOto.com - Formula 1 resmi mengumumkan bahwa F1 GP Kanada 2021 tidak akan digelar musim ini. Sebagai gantinya, GP Turki akan digelar pada 11-13 Juni mendatang.

Kabar dibatalkannya GP Kanada yang beberapa waktu lalu jadi topik pembicaraan, akhirnya terjawab pada Rabu (28/4). Formula 1 secara resmi mengumumkan bila GP Kanada akan digantikan GP Turki pada pertengahan Juni mendatang.

Baca juga: Callum Ilott Akan Coba Sesi Latihan Bebas Di GP Portugal

Jika sesuai jadwal, GP Kanada bakal menjadi balapan ketujuh dalam kalender Formula 1 2021. Sirkuit Montreal akan jadi tempat digelarnya ajang tersebut pada 13 Juni mendatang.

Dibatalkannya ajang tersebut menyusul larangan perjalanan internasional yang diterapkan Pemerintah Kanada. Dengan aturan akibat dampak pandemi Covid-19 tersebut, F1 menilai mustahil bagi mereka untuk masuk ke Kanada tanpa menjalani karantina wajib 14 hari. Pasalnya, jarak antara balapan keenam, GP Azerbaijan di Baku pada 4-6 Juni 2021, dengan GP Kanada hanya selang satu minggu.

“Kami mengucapkan terima kasih atas upaya keras promotor lokal dan otoritas di Kanada, Quebec, dan Montreal, dalam beberapa pekan terakhir untuk membuat GP Kanada tetap bisa digelar,” bunyi pernyataan resmi F1.

Baca juga: Ajang Terakhir, Honda Jadi Sponsor Utama Balap Formula 1 Jepang

Presiden dan CEO Formula 1 Stefano Domenicali juga mengungkap rasa kecewanya karena dibatalkannya GP Kanada, “Saya berterima kasih atas upaya keras sejumlah otoritas di Kanada dalam beberapa pekan terakhir. Tetapi, larangan perjalanan internasional ini membuat kami tidak bisa datang ke sana,” ujarnya.

Selain itu, Domenicali juga mengucapkan pada pihak Turki karena telah mau jadi tuan rumah pengganti, “Di sisi lain, kami juga berterima kasih karena otoritas Turki bersedia menjadi tuan rumah. Ini membuktikan antusiasme tinggi yang ditunjukan otoritas dan publik Turki terhadap F1. Sebelumnya, kami memang sudah bicara dengan Turki dan promotor dari negara lainnya untuk mengantisipasi kejadian seperti ini," ungkap Domenicali.

Formula 1 akan terus melakukan perjalanan musim ini dari satu negara ke negara lainnya. Protokol yang dilakukan juga sangat ketat, dan telah terbukti sangat efektif, lebih dari 78.000 tes Covid-19 dilakukan musim lalu dengan hanya 78 hasil positif, dari 0,1%. Sejauh musim ini, lebih dari 12.000 tes telah dilakukan dengan 14 kasus positif, dengan tingkat 0,1%.