POPULAR STORIES

Salah Kaprah Lepas Sepatbor Demi Gaya, Ini Macam-macam Fungsinya

Salah Kaprah Lepas Sepatbor Demi Gaya, Ini Macam-macam Fungsinya Salah Kaprah Lepas Sepatbor Demi Gaya, Ini Macam-macam Fungsinya (Kipli/ KO/ DAM)

KabarOto.com - Sepeda motor memiliki beberapa komponen yang sangat penting. Bahkan jika salah satu komponen tersebut dihilangkan, bisa berpotensi menyebabkan kerusakan bahkan yang lebih fatal, dapat berujung pada tindakan pelanggaran lalu lintas.

Salah satu komponen yang sangat penting adalah sepatbor belakang sepeda motor, yang berfungsi juga sebagai tempat dipasangnya identitas sepeda motor atau pelat nomor kendaraan.

Sub Department Head Technical Service DAM, Ade Rohman mengatakan, sepatbor pada sepeda motor reguler sangat penting untuk penampilan, kenyamanan, keamanan, dan kebersihan sepeda motor.

“Sepatbor pada sepeda motor dibagi ke dalam dua posisi, yaitu depan dan belakang, adapun di beberapa tipe belakang bagian dalam, yang disesuaikan dengan tipe, fungsi, tampilan dan model setiap sepeda motor,” ujar Ade.

1. Melindungi Pengendara dan Penumpang

Sepatbor melindungi pengendara dan penumpang yang duduk di kursi belakang dari cipratan air dan kotoran. Saat berkendara di musim hujan, genangan air yang dilewati biasanya menyebabkan cipratan air dan kotoran terbawa ke arah bagian atas sepeda motor.

Baca Juga: Tips Mencuci Motor Di Rumah Perhatikan Bagian Ini

Fungsi sepatbor untuk menahan cipratan tersebut, sehingga air dan kotoran dapat terkendali dan tidak mengotori tubuh pengendara dan penumpang sepeda motor. Semakin luas, semakin optimal fungsinya dalam membuat pengendaraan menjadi lebih aman dan nyaman.

2. Melindungi Area Mesin

Selain itu, spakbor juga berfungsi untuk menahan cipratan air dan kotoran yang bisa mencapai bagian mesin sepeda motor dan ini dinamakan inner fender.

"Ada juga komponen lain seperti mudguard atau karet pelindung mesin throttle body yang memiliki peran penting dalam menjaga kebersihan dan perlindungan komponen mesin. Apalagi tipe sport yang radiatornya tertutup oleh lumpur dan kotoran, kinerja pendinginan mesin dapat terganggu," ujarnya.

Baca Juga: Begini Tips Taklukkan Tanjakan Dan Turunan Menggunakan Sepeda Motor

3. Menghindari dari Pelanggaran Lalu Lintas

Melepas sepatbor, berarti melepas pelat nomor kendaraan yang berpotensi melanggar aturan lalu lintas dan dapat dikenakan tilang.

4. Meningkatkan Gaya Berkendara

Sepatbor juga dapat meningkatkan gaya berkendara, seperti modifikasi. Namun, tetap harus memperhatikan fungsi utama komponen tersebut sebagai penahan cipratan air dan lumpur.