POPULAR STORIES

Tips Mencuci Motor Di Rumah Perhatikan Bagian Ini

Tips Mencuci Motor di Rumah Perhatikan Bagian Ini Foto : KabarOto.

KabarOto.com - Walau sekarang sudah banyak tempat cuci steam motor, namun tidak ada salahnya nih kalau kalian cuci sendiri motor di rumah. Namun bagaimana cara agar motor kalian bisa bersih seperti cuci di steam? Ini tipsnya.

Caranya sebenarnya cukup mudah, selalu mulai dari menyiram secara keseluruhan bodi motor dari atas ke bagian bawah. Hal ini bertujuan agar kotoran turun lebih dahulu.

Lalu kalau tidak punya alat untuk membuat snow wash, kalian bisa gunakan shampo khusus kendaraan, jangan pakai sabun cuci piring, karena tingkat PH sabun cuci kendaraan itu seimbang.

Baca Juga : Pakai Jet Cleaner Lakoni Laguna 70, Ini Pendapat Cuci Steam Motor

"Mulai dari bagian paling bersih di bagian atas, spion, jok, batok lampu, bodi samping, baru ke bawah yang bagian jorok. Karena kalau mulainya ngasal, kotoran itu bisa terbawa di lap, nanti malah kotorannya baret bodi samping," ujar Eko dari Cuci Steam Cimot.

Setelah area bodi semuanya sudah disabun, lanjut ke bagian kaki-kaki, dan kolong sepatbor. Bagian ini bisa pakai lap, busa, atau sikat halus yang berbeda, usahakan bedakan dengan lap bagian bodi.

Baca Juga : Review Lakoni Laguna 70 Jet Cleaner Cocok Untuk Di Rumah

"Sebisa mungkin pakai lap, busa atau pakai sikat berbeda dari lap bodi. Bersihin pelek dulu, lalu bagian paling sering kelewat itu kolong sepatbor karena susah dijangkau kan. Habis itu mesin dan knalpot, tapi jangan masukan air ke lubangnya ya, sampingnya saja," paparnya.

Setelah itu tinggal bilas pakai air, caranya sama dari atas ke bawah, dan juga lebih bagus lagi kalau airnya ada tekanan jadi kotoran sisanya bisa terbilas juga oleh tekanan air.

Proses terakhir keringkan saja, bisa pakai lap plaschamois, atau microfiber. Pastikan sudut yang masih ada air dikeringkan dengan lap, terutama di bagian bermaterial besi, sebab dikhawatirkan bakal menimbulkan karat jika tidak benar dikeringkan.