POPULAR STORIES

Salah Pegang Setir Mobil, Airbag Takkan Mengembang Sempurna

Salah Pegang Setir Mobil, Airbag Takkan Mengembang Sempurna Airbag mobil (istimewa)

KabarOto.com - Selain sabuk pengaman, airbag juga memiliki peranan penting untuk keselamatan pengemudi mobil. Airbag akan mengembang secara otomatis ketika mobil mengalami tabrakan.

Airbag akan mengembang dan melindungi berbagai bagian vital pengemudi seperti kepala, leher, dan dada. Tanpa airbag, bagian tubuh yang hanya ditahan oleh sabuk pengaman berpotensi mengalami cedera, seperti leher dan kepala.

Baca Juga:

Meski demikian, airbag tidak akan berfungsi secara efektif seandainya pengemudi salah dalam memegang setir. Dengan demikian, pengemudi harus benar dalam mengolah setir. Jarak antara kursi dengan setir juga harus tepat.

Lantas, bagaimana posisi memegang setir yang benar agar airbag bisa berfungsi maksimal? Kita bisa melakukan metode pull and push, yaitu dengan meletakkan posisi tangan di jam 10 lewat 10 menit.

Dengan demikian, posisi tangan tidak akan mengganggu posisi airbag keluar dan mengurangi risiko cedera. Jika posisi kita dalam memegang setir mobil menutupi lubang airbag, bahu pengemudi bisa patah. Tak hanya itu saja, airbag juga berpotensi meledak.