Tips Dan Trik Jadikan Mobil Bermesin Diesel Lebih Awet

Tips dan Trik Jadikan Mobil Bermesin Diesel Lebih Awet Foto mesin 3 silinder Turbo Diesel - MINI One D Clubman 2016. (Foto: caricos)

Kabaroto.com- Mobil bermesin diesel memang sangat tren dahulu di jamannya, namun seiring dengan perkembangan teknologi dibidang otomotif, mobil bermesin diesel mulai kurang digemari dan banyak yang mulai hijrah ke mesin berbahan bakar bensin dan matic.

Tapi kini lewat perkembangan dan penggunaan teknologi terkini seperti commonrail dan turbo, mesin diesel sudah kian menjadi modern karna memiliki performa yang sejajar dengan mesin bensin ataupun matic.

Dengan mulai banyaknya penggunaan mesin diesel di mobil-mobil keluaran baru akhir-akhir ini, kita sebagai pengguna pun harus mengerti sedikit perihal perawatan dan seluk beluk mobil bermesin diesel. Salah satu yang perlu diperhatikan adalah pemilihan pelumas untuk mesin ber-turbo diesel.

Untuk kita ketahui, pelumas pada mesin diesel saat ini karakteristiknya sama dengan pelumas yang dibuat untuk mesin bensin. Mulai dari tingkat kekentalannya, mesin diesel saat ini pun mulai membutuhkan pelumas yang lebih encer.

Hal tersebut dikarenakan beban kerja mesin diesel lebih ekstrem, penyebabnya adalah rasio kompresi yang tinggi. Ditambah dengan kehadiran turbocharger, maka menghasilkan suhu dan tekanan yang lebih tinggi pula. Sehingga, jangan kaget jika pelumas mesin diesel masa kini memiliki tingkat kekentalan (viskositas) yang lebih rendah.

Kebutuhan oli pada mesin diesel tergolong sangat encer. Pilihannya ada di SAE 10W-30, SAE 5W-40 atau 5W-30, direkomendasi untuk mesin diesel dengan turbocharger.