POPULAR STORIES

Sama-sama Produksi, Ini Bedanya Suzuki XL7 Versi Indonesia Dan India

Sama-sama Produksi, Ini Bedanya Suzuki XL7 Versi Indonesia dan India Foto: Kipli

KabarOto.com - Suzuki XL7 yang menempati kelas MSUV di jajaran produk PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) tak hanya memiliki mother plant atau basis produksi di Indonesia saja, mobil serupa juga diproduksi di India.

Menurut Donny Saputra selaku Head of Marketing 4W PT SIS, berbeda dengan XL7 yang dibuat dengan kandungan lokal 85% di Jawa Barat, mobil yang diberi nama XL6 di India ini punya beberapa detail yang berbeda dengan tanah air.

"Contohnya India pakai captain seat namun hanya mengakomodir 6 orang, XL7 di Indonesia bisa muat 7 orang. Lalu di Indonesia juga sudah pakai fitur smart e-mirror, XL6 di India tidak ada fitur itu," ujar Donny, sapaan akrabnya.

Baca Juga: Ecstar Akan Gantikan Suzuki Genuine Oil

"Pertimbangan kami tidak membuat model captain seat karena hanya akan muat 6 orang, sedangkan konsumen tanah air cenderung membawa seluruh keluarga termasuk kakek atau nenek di dalam keluarga inti, itulah mengapa 7-seater bakal lebih laku di sini (Indonesia)," imbuhnya.

Mobil dengan layout serupa pernah diluncurkan pada tahun 2003 bernama Suzuki Grand Escudo XL7 yang menurut Donny merupakan Pionir mobil 7-seater dari Suzuki. "Hasil riset kami, nama itu (XL7) masih melekat di benak masyarakat, jadi kami produksi kembali dengan berbagai fitur terkini," kata pehobi skuter klasik itu.

Ketika ditanya oleh wartawan, (11/2), kemungkinan untuk menjual mobil ini dengan captain seat, Donny menyanggupi dan optimis pasti akan memenuhi permintaan pasar luar negeri, "Ekspor mintanya apa, kami siap, dengan target penjualan 12.600 untuk tahun ini," tutupnya.