Sasis Baru RC213V, Marc Marquez Optimis Hadapi Sisa Musim 2021

Sasis Baru RC213V, Marc Marquez Optimis Hadapi Sisa Musim 2021 Sumber Foto : MotoGP

KabarOto.com – Pembalap tim Repsol Honda, Marc Marquez makin pede untuk menghadapi paruh kedua MotoGP 2021 berkat pengembangan sasis baru RC213V.

Posisi para pembalap Honda tidak begitu bagus usai MotoGP Belanda. Saat ini, Marquez menjad pembalap terbaik Honda dengan posisi ke-10 di klasemen sementara MotoGP 2021. Takaaki Nakagami (LCR Honda) berada di posisi ke-11, Pol Espargaro (Repsol Honda) ke-12 dan Alex Marquez (LCR Honda) posisi ke-15.

Kendati posisi sedang tidak bagus, ada kabar positif dari pabrikan asal Jepang itu dalam beberapa balapan terakhir. Selain kemenangan Marquez di Jerman, kabar gembira juga datang dari Belanda dari sisi teknis.

Baca juga: Jika Tidak Dapat Slot Untuk MotoGP 2022, KTM Menawarkan Pekerjaan Lain Untuk Danilo Petrucci

Selain sasis, penggunaan aero fin yang berbeda

“Pihak Honda Racing Corporation (HRC) terus bekerja keras dan saya puas dengan hasilnya. Di Assen, untuk pertama kalinya kami menerima komponen baru yang benar-benar bekerja dengan baik. Saya berlomba dengan sasis baru disana. Di beberapa area, ada progres dan perubahan yang terasa saat saya balapan dengan sasis ini,” ungkap Marc Marquez.

Saat balapan di Assen (GP Belanda), Marquez start dari posisi ke-20 dan mampu finis di posisi ke-7. Sedangkan Espargaro start dari posisi ke-11 dan menyelesaikan balapan di peringkat ke-10. Tentu, dengan hasil tersebut, membuat pembalap bernomor 93 itu memiliki motivasi bagus untuk para teknisi Honda di fase-fase sulit yang sedang dihadapi.

Selama libur musim panas sempat membuat Alberto Puig selaku bos Repsol Honda khawatir karena akan membuat perkejaan timnya terganggu. Namun, dirinya percaya dengan komitmen para teknisi Honda yang liburannya kali ini kembali ke Jepang.

“Kami mengumpulkan banyak data dari lomba-lomba yang sudah digelar. Kami sudah tahu kelemahan. Di Jepang, semua akan diinvestigasi. Kami akan bekerja keras untuk menjalani paruh kedua musim dengan sejumlah ide dan gagasan baru,” ungkap Alberto Puig.

Baca juga: Ini Tuntutan Aleix Espargaro Untuk Aprilia Sebelum MotoGP Styria 2021

Usai balapan Assen, Marquez menyebut Honda akan memulai paruh kedua dengan sejumlah pengembangan baru. Bagi Marquez, libur musim panas ini akan dimanfaatkannya untuk pemulihan kondisi tubuhnya agar bisa tampil lebih fit untuk menghadapi seri berikutnya.

“Satu setengah pekan pertama saya untuk istirahat. Saya harus rileks secara fisik, mental dan psikis. Saya sudah tidak liburan selama dua tahun. Karena saya operasi bahu lalu lengan, itulah sebabnya saya ingin menghabiskan liburan ini bersama teman-teman. Setelah itu, kami harus kembali bekerja. Jika lengan saya dalam kondisi baik, saya ingin lebih banyak mengendarai motor,” tutup Marc Marquez.

Paruh kedua MotoGP 2021 akan dimulai dengan dua balapan beruntuk di Red Bull Ring, Austria pada 8 dan 15 Agustus mendatang.