Satan Motor Klasik Asal Republik Ceko

Ahmad Djainudin
Ahmad Djainudin 25 Dec 2017 - 08:00
Satan Motor Klasik Asal Republik Ceko
Motor Satan 540 utuh yang dipajang di Praha (foto: hiveminer.com)

KabarOto.com - Tak jarang produsen otomotif memberikan nama produknya dengan nama-nama unik, bahkan nyeleneh. Tujuannya agar lebih menarik serta memiliki ciri khas tersendiri.

Salah satunya motor Satan, yang bila diartikan ke dalam bahasa Indonesia memiliki arti "setan". Motor buatan Republik Ceko ini terlihat unik tidak hanya dengan namanya saja, tetapi juga tampilannya yang klasik.

Baca Juga:

Motor klasik ini diproduksi oleh pabrikan Sikyr-Rott di Praha, Republik Ceko, pada 1929-1930 dengan nama Satan 540. "Motor setan" ini menggendong mesin satu silinder 540 cc berjenis 4-tak.

Konstruksi mesinnya unik, menggunakan sidevalve alias posisi klep berada di samping piston. Lalu posisi noken as bukan berada di atas, tapi letaknya di samping setang piston.

kabarOto
mesin asli motor satan (enoenderson.com)

Konfigurasi sidevalve memang masih sangat sederhana, power maksimal Satan 540 sangat kecil hanya 10 tk @3.000 rpm. Selain itu Satan 540 hanya menggunakan transmisi tiga percepatan.

Penduduk Ceko menganggap satan sebagai motor yang tangguh, karena mampu digunakan melintasi jalan-jalan yang rusak pada saat itu. Sayangnya, Satan 540 hanya mampu bertahan setahun karena pabrikan bangkrut.

"Motor Satan" ini sekarang menjadi buruan para kolektor karena unit yang diproduksinya terbatas. Tapi untuk yang penasaran melihat langsung penampakan motor setan ini, bisa langsung melihatnya di National Technical Museum di Praha, Rep. Ceko.

kabarOto
Ilustrasi mesin sidevalve (wikimedia commons)

Editor : ballian